SEPANJANG tertata baik serta menyajikan spot yang bagus, jalan lingkar Nipah - Teluk Bayur bakal menjadi primadona dan jadi pusat perhatian bagi masyarakat luas. Destinasi di sepanjang jalan baru ini sangat memikat, dengan hamparan laut biru dan pulau-pulau yang eksotis. 

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, mengungkapkan hal tersebut dalam salah satu kegiatannya di kawasan Gunung Padang,  Selasa (9/1/2018) lalu.

Sembari mengunjungi lokasi wisata Pantai Air Manis Padang yang terkenal dengan legenda Malin Kundang "Anak Durhaka", politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini sekaligus menjajal jalan lingkar Nipah-Teluk Bayur Padang yang baru saja rampung pengerjaannya.



Menurut Irwan Prayitno, jalan lingkar ini membuat akses ke Pantai Air Manis menjadi lebih dekat dan bagus, sehingga ia optimistis objek wisata legendaris itu akan makin ramai dikunjungi wisatawan. Kondisi yang lebih membaik itu akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat di sekitar pantai. 

Ia mengakui, keberadaan infrastruktur jalan sangat penting dalam mengembangkan objek pariwisata. 

"Jalan lingkar Nipah-Teluk Bayur akan menjadi pilihan baru bagi warga Kota Padang dan wisawatan untuk mencapai objek wisata Pantai Air Manih," ungkap Gubernur Irwan Prayitno yang pada kesempatan itu didampingi Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar, Taufik Efendi.


Pembangunan jalan Nipah-Teluk Bayur sepanjang 7 kilometer sudah dimulai sejak tahun 2010 lalu, dan dilanjutkan kembali pada tahun 2017 dengan alokasi anggaran Rp13 miliar dari dana DAK/APBN.

Pada 2018 rencananya pihak Dinas PUPR Provinsi akan segera menambah sambungan jalan kurang lebih berjarak 1,1 kilometer dengan anggaran Rp7,6 miliar.

(tos/*)
 
Top