BOGOR, JABAR -- Presiden Jokowi Widodo menerima kunjungan Utusan Khusus Perdana Menteri Jepang, Toshihiro Nikai beserta rombongan, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/1/2018) pagi. Kunjungan ini dimaksudkan untuk merayakan 60 tahun hubungan Indonesia - Jepang.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi mengemukakan, tahun ini adalah tahun membanggakan bagi hubungan Indonesia-Jepang yang telah memasuki usia ke-60 tahun.

Ia pun menyambut baik kedatangan Utusan Khusus PM Jepang Toshihiro Nikai dan rombongan yang dilakukan terkait dengan perayaan hubungan kedua negara.

Presiden juga mengemukakan pertemuannya dengan Perdana Menteri Shinzo Abe di Manila, Filipina, pada November 2017, dimana kedua Indonesia - Jepang telah menyepakati beberapa hal.

“Kami sepakat untuk segera menyelesaikan kerjasama infrastruktur yang ada. Saat itu saya secara khusus menyampaikan agar kita cepat-cepat menyelesaikan proyek kerjasama yang telah kita sepakati," papar presiden. 

Dalam pertemuan itu, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Utusan khusus Presiden Indonesia untuk Jepang Rahmat Gobel. 

(ags/rki)
 
Top