PADANGPANJANG, SUMBAR -- Penguasaan dan pemahaman isu-isu strategis serta kemampuan membuat target pencapaian kinerja yang terukur, mutlak dimiliki oleh setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Karena itu, dalam penyusunan Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja) OPD, perlu adanya pemahaman, program apa yang memang layak untuk dilaksanakan oleh setiap instansi.

Walikota Padang Panjang, H. Endri Arnis, BSBA, memaparkan hal tersebut dalam kata sambutan yang dibacakan Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) setempat, Sonny Budaya Putra, pada acara pembukaan Bimtek Penyusunan Renja dan Renstra OPD di lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang, Kamis (17/1/2018).

Bimtek Penyusunan Renja dan Renstra ini berlangsung selama dua hari, Kamis - Jum'at (18-19/1/2018), di salah satu tempat di Bukittinggi, diikuti oleh Sekretaris, Kasubag Keuangan dan Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan masing masing OPD di lingkungan Pemko Padang Panjang.

Menurut walikota, seperti disampaikan Sonny,  pembangunan harus dilakukan berkesinambungan, demi membawa dampak positif kepada masyarakat. Renstra OPD merupakan dokumen perencanaan OPD untuk periode lima tahun yang memuat visi, misi, tujuan, strategi, kebijakan progam dan kegiatan pembangunan yang disusun sesuai tugas dan fungsi OPD.

Lebih lanjut disebutkan,  tujuan bimtek pembuatan Renja dan Renstra OPD ini adalah untuk menambah pengetahuan dan pemahaman bagaimana tahapanan, dan tata cara dalam penyusunan Renja dan Renstra, sehingga kedepannya para OPD di lingkungan Kota Padang Panjang dapat membuat Renja dan Renstra sesuai dengan rumusan dan pedoman yang berlaku.

Pelaksanaan bimtek berpedoman pada Permendagri No. 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan,  pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tatacara evaluasi rancangan tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah dan rencana pembangunan pembangunan jangka menengah daerah,  serta tata cara perubahan rencana pembangunan jangka panjang daerah, rencana pembangunan jangka menengah daerah dan rencana kerja pemerintah daerah. 

Sejumlah narasumber yang dihadirkan Bappeda Kota Padang Panjang dalam kegiatan bimtek ini, antara lain Ir. Suprayitno, MA / Kasubdit Perencanaan dan Evaluasi Wilayah I Dirjen Bina Pembangunan Daerah, lalu Dodi Afrianto / Tenaga Ahli Perumus Permendagri Nomor 54/2010 dan Permendagri Nomor 86/2017 Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah, Kemendagri.

(tfc/ede)


 
Top