BATUSANGKAR, SUMBAR -- Pesta Demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2019 digelar, Bupati Irdinansyah Tarmizi didampingi isteri Ibu Emi Irdinansyah melakukan pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 012 Jorong Diponegoro Nagari Baringin Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar.

Hampir pukul 11.00 WIB, Rabu (17/4/2019), bupati beserta isteri mendatangi TPS 012 yang terdapat di pelataran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Tanah Datar tersebut.

Usai menyerahkan formulir C6, bupati beserta istri duduk bersama Daftar Pemilih Tetap (DPT) lainnya sembari menunggu panggilan menyoblos. Tiba giliran nyoblos sesuai antrean, bupati beserta isteri pun menerima surat suara dan menuju bilik suara untuk melakukan pencoblosan.

Sebelum melakukan pencoblosan bupati beserta isteri memperlihatkan 5 surat suara kepada awak media yang kebetulan hadir pada saat pencoblosan. Dari ke-5 surat suara ini memiliki warna yang berbeda.

Lima surat suara tersebut adalah surat suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden warna abu-abu, untuk pemilihan anggota DPD warna merah, surat suara pemilihan anggota DPR-RI warna kuning, surat suara pemilihan anggota DPRD Provinsi warna biru dan surat suara pemilihan anggota DPRD kabupaten/kota berwarna hijau.

Usai pencoblosan, kepada awak media Bupati Irdinansyah Tarmizi mengatakan jika pemilu kali ini masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya jauh meningkat dari pemilu sebelumnya. 

"Kepada masyarakat saya menghimbau untuk menggunakan hak pilih, karena ini terkait masa depan bangsa maupun daerah, jadi sebelum ke TPS tentukan pilihan terlebih dahulu sehingga saat dalam bilik suara kita tidak perlu berlama-lama, “ ajaknya.

Di TPS 012 tempatnya memilih Bupati menyebutkan dari 125 DPT yang dirinya mendapatkan urutan ke 95 dari 97 yang sudah mendaftar. 

"Ini sudah 75 persen pemilih yang menggunakan hak pilih, dibanding target rata-rata nasional ini sudah mencapai, yang mana target nasional sekitar 75 persen, ini menandakan tingginya animo masyarakat datang ke TPS untuk menggunakan hak pilih mereka,”imbuh bupati.

Pada kesempatan itu bupati juga menyampaikan, akan memberikan reward kepada 5 TPS yang kreatif dalam penyelenggaraan pemungutan suara, namun apa reward-nya belum Dia sebutkan.

Usai pencoblosan Bupati beserta isteri juga melakukan tinjauan lapangan ke TPS-TPS di beberapa kecamatan dalam rangka melihat langsung aktifitas pemungutan suara. 

(fan)


 
Top