PADANGPARIAMAN, SUMBAR -- Pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru hingga saat ini masih terkendala penetapan trase jalan yang dirasa merugikan masyarakat tiga nagari dalam wilayah Kecamatan Lubuak Aluang. Tiga nagari tersebut, masing-masing Nagari Sicincin, Kecamatan 2x11 Enam Lingkuang dan Nagari Sungai Abang, 

"Bukannya kami menolak pembangunan tol ini, namun dengan penetapan trase saat ini, itu yang menjadi permasalahan bagi kami karena banyak lahan produktif dan permukiman padat yang harus dikorbankan," kata Alwi Datuak Majo Garang, tokoh masyarakat Nagari Sicincin, usai menghadiri rapat pembahasan keberatan masyarakat atas pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru, Senin (22/4/2019) di kantor Bupati Padang Pariaman. 

Hadir pada rapat tersebut Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Bupati Padang Pariaman Ali Mukni, Wabup Padang Pariaman Suhatri Bur, Sekda Sumbar Alwis serta instansi terkait lainnya. 

Secara rinci Alwi mengatakan, jika trase tol saat ini tetap dilaksanakan, maka akan menyengsarakan masyarakat yang ada di sekitar tersebut.

"Luas lahan yang terkena sekitar 246 KK dan juga lahan sawah yang luas," sebutnya.

Menurut Alwi, pembangunan tol tersebut akan lebih baik jika dialihkan ke arah timur jalan lingkar, karena disana permukiman tidak padat dan lahan produktif tidak banyak.

"Jika Pemerintah mau, kami siap untuk mendampingi dan menunjukkan lokasinya. Intinya bagi kami, pembangunan tidak menyengsarakan masyarakat" sebutnya kembali.

Usul Perubahan Trase

Sementara itu, menjawab keluhan masyarakat dan berbagai pertimbangan lainnya, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan untuk sementara akan diusulkan perubahan trase oleh Tim.

"Kita akan usulkan perubahan perubahan trase tersebut ke Kementerian PUPR dan kita berharap pengertian dan pemahaman Kementerian nantinya agar bisa diterima" ujarnya.

"Intinya masyarakat menerima pembangunan tol ini, tapi trase harus dirubah" jelasnya. 

Sebelumnya Jumat (9/2/2017) Presiden RI Joko Widodo, meresmikan dimulainya pembangunan jalan tol tersebut seksi I (Padang-Sicincin). Panjang jalan tol Padang-Pekanbaru tersebut adalah sekitar 254 km.

#PERS RELIS KIRIMAN BIRO HUMAS SUMBAR
 
Top