SRAGEN, JATENG -- Mengunjungi Sragen, Jawa Tengah, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi pembangunan embung di Provinsi Jawa Tengah.

Presiden menjelaskan, program pembangunan 1.000 embung di Jawa Tengah berhasil diwujudkan. Bahkan, program yang dicanangkan sejak 2015, di masa awal pemerintahan Jokowi, mampu melewati target karena berdasarkan data Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air Dan Tata Ruang (Pusdataru) Provinsi Jawa Tengah, saat ini sudah tersedia, 1.145 embung.

"Saya mengapresiasi hal itu sebagai komitmen pemerintah daerah dan pusat untuk memperhatikan petani, terutama di Jawa Tengah, agar bisa meningkatkan produktifitas lahan pertanian tanpa terkendala musim kemarau," kata Jokowi saat silaturahmi di Sragen, Jawa Tengah, Rabu (3/4/2019).

"Pemerintah sudah memiliki program petani canggih yang bertujuan meningkatkan kemampuan dan kompetensi petani, sekaligus menciptakan wirausahawan baru di bidang agribisnis. Jadi petani tak perlu khawatir dan bisa tetap produktif di musim kemarau," sambungnya.

Selain ditemani istri, Iriana, juga tampak Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, dan Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati.

Kegiatan silaturahim Presiden Jokowi dengan gabungan kelompok tani dan perkumpulan padi dan pengusaha beras indonesia se Jawa Tengah berlangsung di GOR Diponegoro, Sragen. Pertemuan itu juga digunakan Jokowi untuk menyampaikan pencapaian dalam mengemban amanat sebagai Presiden RI dalam lima tahun terakhir.

Baca Juga: Jokowi Undang Anak-Anak Korban Banjir Sentani Papua Liburan ke Dufan Ancol 

Berbagai perkembangan infrastruktur lain untuk mengembangkan Jawa Tengah, seperti jalan tol yang melintasi Sragen-Sukoharjo-Solo dan Bendungan Gondang, Sragen juga diungkapkan Jokowi agar masyarakat Jawa Tengah mengetahui bahwa hal itu dilakukan untuk mendukung kemajuan dan kelancaran aktivitas masyarakat dalam menggerakkan ekonomi.

"Jika infrastruktur sudah tuntas, maka pemerintah akan membangun sumber daya manusia. Mulai dari asupan akan kebutuhan pokok, pendidikan, dan penambahan kemampuan sehingga mampu produktif," ucap Jokowi.

Sumber: Okezone
 
Top