MALANG, JATIM -- Fenomena seperti ini agaknya juga rentan terjadi di berbagai pelosok tanah air. 

Kemarin malam, di Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, sekelompok orang menyatroni kediaman seorang calon anggota legislatif (caleg). Mereka menagih janji sang caleg yang menurut mereka baru membayarkan separuh honor mereka selaku saksi dalam pemilihan legislatif (pileg) lalu.

Informasi yang dihimpun media ini, menyebutkan, caleg yang rumahnya didatangi sekitar 20 orang saksi pileg itu berinisial "ZU", warga Kavling Bumi Krisna, D 42 RT/RW 005/004 Desa Mangliawan Kecamatan Pakis. Ia merupakan kader Partai Gerindra, maju sebagai caleg untuk daerah pemilihan (dapil) 4 Kabupaten Malang.

Sementara para saksi yang datang menagih janji ZU berasal dari wilayah Banjararum, Songsong dan Jabung. Menurut mereka, honor saksi yang harusnya sebesar Rp200 ribu baru mereka terima separuhnya atau sebesar Rp100 ribu dari ZU. 

Agus selaku perwakilan saksi mengungkapkan, pihaknya menagih janji terkait kontrak kerja sebagai saksi yang belum dipenuhi ZU. Ia berharap kekurangan sebesar Rp.100.000 agar segera diselesaikan, karena selaku saksi mereka sudah menyelesaikan pekerjaan.

Selanjutnya dilakukan pertemuan untuk memfasilitasi permasalahan tersebut yang diikuti Muspika, Korcam Gerindra, Kordes Gerindra Banjararum dan perwakilan saksi dari Banjararum dan wilayah Jabung

Camat Pakis, Firmando, mengharapkan, warga proporsional dalam menyampaikan persoalan. Mengingat ini menyangkut urusan kepartaian, sebaiknya datang ke kantor DPC Partai Gerindra di Kepanjen serta menjaga stabilitas keamanan. 

Sebaliknya, dari pihak ZU juga siap menyediakan fasilitas kendaraan untuk berangkat ke kantor DPC Gerindra di Kepanjen, agar perwakilan saksi yang tidak terima dengan biaya honor sebesar Rp.150.000 mendatangi kantor DPC Gerindra di Kepanjen. 

Adanya kesalahpahaman antara kedua belah pihak, sebelumnya pihak ZU berkesanggupan membayar saksi sebesar Rp.150.000, sesuai yang dianjurkan DPC Gerindra, sedangkan para saksi beranggapan dibayar Rp 200.000.

Di tempat terpisah, Yoppy perwakilan dari ZU juga menyarkan perwakilan saksi untuk mendatangi kantor DPC Gerindra di Kepanjen.

(ysn)
 
Top