foto: Ist/Roni "Bose"
PADANG -- Jajaran Korem 032/Wirabraja menggelar "coffee morning" bersama insan pers, bertempat di salah satu hotel berbintang 4,4 di Padang, Sumatera Barat, Senin (15/4/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Komandan Korem 032/Wbr Brigjend TNI Kunto Arief Wibowo, SIP mengajak insan pers untuk saling bersinerji dengan jajaran Korem 032/Wbr, terutama dalam hal saling sharing  informasi tentang kejadian bencana alam serta upaya penanggulangannya. Untuk kegiatan penanggulangan bencana alam, Korem 032/Wbr telah menyiapkan pasukan khusus yang dinamai Pemukul Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB). Baca juga: http://www.sumatrazone.co.id/2019/03/gelar-pasukan-prcpb-korem-032-wbr-mou.html?m=1 Pasukan ini telah disiagakan dan siap bergerak membantu masyarakat ketika terjadi bencana alam.  

Menurut Kunto, Sumbar merupakan salah satu daerah yang rawan terhadap bencana alam baik bencana alam banjir, tanah longsor, gempa bumi maupun tsunami dan apabila bencana tersebut terjadi maka tentunya akan sangat berdampak pada kondisi infrastruktur, perekonomian, gejolak sosial dan juga akan berdampak terhadap psikologi masyarakat. 

"Dengan kondisi tersebut maka dipandang sangat perlu untuk melaksanakan pengecekan sejauh mana kesiapan kita dalam berbuat apabila sewaktu waktu terjadi musibah bencana alam, khususnya yang terlibat di dalamnya baik TNI Polri, BPBD, SAR dan yang lainnya," paparnya, seperti disampaikan juga pada sejumlah kesempatan. 

Dalam pelaksanaannya, lanjut Danrem 032/Wbr, kesiapsiagaan terhadap bencana alam, termasuk upaya-upaya penanggulangannya sangat memerlukan perencanaan, persiapan serta pengendalian yang lebih kompleks. Untuk itu perlu antisipasi dan kerjasama yang betul betul siap dengan sejumlah pihak terkait, termasuk insan pers selaku garda terdepan perolehan informasi. Ia berharap, insan pers bisa berperan sebagai relawan bersama-sama dengan jajaran Korem 032/Wbr membantu masyarakat dalam kegiatan penanggulangan bencana. 

Turut hadir dalam kegiatan "coffee morning" ini, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumbar H. Heranof Firdaus, wartawan senior yang juga Pemimpin Redaksi SKH Singgalang Khairul Jasmi atau "KJ", sejumlah pimpinan media online, kontributor media nasional dan reporter koran harian di Padang. 

(ina/ede)
 
Top