PADANG -- Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan KB(DP3AP2KB) bersama TNI kembali menggelar pencanangan Bakti Sosial TNI KB Kesehatan di Markas Kodim 0312 Padang, Selasa (30/4/2019). 

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Amasrul mengatakan, kegiatan ini sangat penting dan strategis dalam upaya melakukan percepatan pelaksanaan program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK) di semua tingkatan. Kemudian juga bagian dari upaya peningkatan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat Kota Padang.

“Kondisi kependudukan saat ini dalam arti kuantitas dan kualitas menjadi tantangan yang sangat berat bagi pembangunan,”ujar Amasrul sewaktu mewakili Wali Kota Padang saat membuka kegiatan.

Amasrul melanjutkan, melalui kegiatan bhakti sosial TNI Manunggal KB Kesehatan Kota Padang, DP3AP2KB bersama TNI seperti biasa akan berupaya meningkatkan revitalisasi program KKBPK untuk mewujudkan keluarga kecil, bahagia dan sejahtera di Kota Padang.

Kegiatan ini menurutnya, merupakan momen yang sangat tepat untuk memantau, mengevaluasi dan memotivasi masyarakat untuk melaksanakan pola hidup sehat berkualitas. Sekaligus bisa menjaga keharmonisan hubungan dan komunikasi antara jajajran TNI dengan masyarakat serta jajaran aparatur Pemerintah Kota Padang. 

"Kita tentu sama-sama berharap, dengan adanya dukungan dan bantuan dari TNI, pelaksanaan program KB dan kesehatan dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien," harapnya.

Lebih lanjut Amasrul juga memaparkan terkait jumlah penduduk Kota Padang yang saat ini lebih kurang mencapai 927.168 jiwa. Jumlah yang besar disatu sisi merupakan potensi SDM yang potensial, tetapi bila tidak diimbangi dengan peningkatan kualitas kesejahteraan masyarakat justru akan menambah beban kerja pemerintah daerah.

Maka itu Pemerintah Kota Padang, sebut Sekda,  melalui pelaksanaan Bulan Bhakti Sosial TNI Manunggal KB Kes tahun ini, diharapkan pelaksanaannya bisa lebih fokus pada daerah miskin seperti halnya daerah kampung KB yang ada di masing-masing kecamatan.

Selain itu, pengendalian laju pertumbuhan penduduk dan penanganan angka kemiskinan. Tidak hanya melalui pembatasan jumlah kelahiran tetapi juga mencakup upaya peningkatan kesejahteraan keluarga. 

“Saya berharap pencanangan ini menjadi momen untuk lebih menggalakkan lagi program KB Kesehatan disemua tingkatan,”ucapnya. 

Sementara itu Komandan Kodim (Dandim) 0312 Padang Letkol Czi Rielman Yudha mengatakan, jumlah penduduk yang semakin bertambah, memang kerap kali menyebabkan terjadi permasalahan, baik sosial, kemasyarakatan, hingga masalah lingkungan dan alam.

“Dapat kita rasakan, dampak yang ditimbulkan dari masalah tingginya angka kependudukan antara lain krisis pangan, semakin meningkatnya persaingan hidup, tingginya angka kriminalitas, timbulnya wabah penyakit baru,” katanya.

Menurutnya, jajaran TNI terutama Kodim 0312 Padang bersama dengan komponen masyarakat lainnya sangat mendorong dan mendukung atas apa yang telah menjadi salah satu agenda nasional ini yakni program penduduk melalui keluarga bencana. “Kita harapkan dengan kegiatan ini masyarakat bisa lebih sehat dan sejahtera,” ucapnya. 

Pencanangan Bulan Bhakti Sosial TNI Manunggal KB Kesehatan Tingkat Kota Padang Tahun 2019 tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh Dandim 0312 Padang Letkol Czi Rielman Yudha. Juga hadir dikesempatan itu Kepala DP3AP2KB Kota Padang, Ketua TP PKK Kota Padang Hj. Harneli, unsur Forkopimda Padang, stakeholder terkait serta para camat dan lurah se-Kota Padang.

(vit/ede)
 
Top