Seorang ibu petugas Panwaslu TPS 067 dan petugas TPS 068 Komplek Perumahan Vila Nusa Indah 2 Jati Asih, Bojong Kulur, Gunung Putri, Bogor.
JAKARTA -- Gelaran Pemilu 2019 sudah selesai. Meski begitu, anggota Polri dan TNI di seluruh Indonesia masih bekerja mengawal surat suara dari TPS menuju ke kecamatan.

Kompolnas mengapresiasi kinerja Polri dan TNI yang berhasil mengamankan jalannya pemilu sehingga berjalan lancar dan damai. Selain itu, Kompolnas juga meminta masyarakat untuk tetap menjaga persatuan usai pemilu.

"Kompolnas berharap agar kerja keras dan sinergitas Polri dan TNI terus berlanjut, serta berharap agar seluruh masyarakat tetap bersatu dan membantu Polri dan TNI dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta tegaknya NKRI yang sama-sama kita cintai ini," kata Sekretaris Kompolnas Bekto Suprapto, dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (18/4/2019).

Bekto mengatakan, Pemilu 2019 sangat spesial karena pileg dan pilpres dilaksanakan secara serentak dan menjadi pemilu terbesar di dunia. Dengan kapasitas sebesar itu, Polri dan TNI dapat menjaga keamanan dengan baik.

"Sinergitas tersebut sudah berlangsung lama dan telah teruji dalam momentum-momentum besar Bangsa dan Negara, antara lain dalam Pilkada Serentak 2018, serta event-event internasional yang diselenggarakan di Indonesia, antara lain dalam pelaksanaan Asian Games, Asian Para Games dan World Bank-IMF meeting," jelas dia.

Meski begitu, Bekto mengingatkan tugas Polri dan TNI belum selesai. Sebab, masih ada tahapan Pemilu 2019 yang harus diamankan.

"Usai pencoblosan serentak bukan berarti selesainya tugas pengamanan. Masih ada lagi tahapan-tahapan yang harus tetap dikawal hingga terlaksananya pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2019–2024," ucapnya.

(kpc/nov)
 
Top