f: sony samudera holiday
PADANG -- Pemerintah Provinsi Sumatera Barat sangat mengapresiasi sekaligus menyokong semangat membangun pariwisata daerah sebagaimana ditunjukkan jajaran Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Sumbar lewat penyenggaraan Astindo Travel Fair (ATF) 2020 di Kota Padang, ibukota provinsi Sumbar, 6 - 8 Maret ini. 

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Novrial, SE.,M.Si, ketika menutup secara resmi ATF 2020 di Plaza Andalas, Padang, Minggu (8/3) malam. Penutupan travel fair yang diikuti 27 travel agent dari Malaysia dan Indonesia ini ditandai penyerahan hadiah bagi para pemenang serangkaian lomba.

BACA JUGA: SURPRISE! Paket Wisata ke Malaysia Serba Ramah di Kantong!

Selain Kadis Pariwisata Sumbar, tampak hadir Kadis Perhubungan Kota Padang Ir. Dian Fakhri, dua pengurus PWI Sumbar Gusfen Khairul dan Zulnadi, SH., Ketua P3I Deni Masriyaldi serta Ketua DPD Astindo Sumbar Ir. Nasirman Chan beserta pengurus.


Anak-anak pemenang lomba fashion
Menurut Novrial, penyelenggaraan ATF 2020 di tengah isu Covid-19 adalah sesuatu yang luar biasa. Keberanian ini patut diapresiasi dan disokong bersama. Ditambah lagi, pelaksanaan  travel fair ini terbilang sukses. 

"Apa yang ditunjukkan jajaran Astindo Sumbar adalah wujud optimisme, semangat yang sangat kita perlukan dalam membangun pariwisata Sumbar,” ungkap Novrial yang juga berbagi resep memajukan pariwisata. 

BACA JUGA: Pemprov Sumbar Sambut Baik Sinerji Astindo - Tourism Malaysia

Menurutnya, resep paling ampuh memajukan sektor kepariwisataan di belahan dunia mana saja adalah "sinergitas". 

Untuk itu ia mengajak semua pihak terkait kepariwisataan untuk saling bersinergi. Saling membesarkan, saling memajukan dan saling mempromosikan satu sama lain.  

"Pada momen ini teman-teman travel Malaysia menjual keunggulan destinasi negara mereka di Indonesia, khususnya untuk masyarakat Sumbar. Begitu juga sebaliknya, teman-teman travel agent yang berhimpun di Astindo agar proaktif pula menyiapkan paket-paket pariwisata untuk dijual di negeri jiran sana mengingat Sumbar juga kata destinasi wisata potensial,” jelas Novrial.


Jajaran Panpel/Astindo Sumbar pose bersama Barongsai
Ketua DPD Astindo Sumbar sekaligus ketua panitia pelaksana ATF 2020 di Padang, Ir. Nasirman Chan, M.Eng ASEAN, mengungkapkan, gelar travel fair ini didukung penuh oleh Tourism Malaysia, Sompo Insurance Indonesia, Pemprov Sumbar, Pemko Padang, PWI Sumbar, sebanyak 15 media partners serta segenap elemen pariwisata di Sumbar. 

“Semua ikut serta memeriahkan ATF 2020. Ini yang kami rasa sangat mengharukan di tengah isu Corona Virus melanda negara kita. Pituah nenek moyang Minangkabau, Basamo Mangko Manjadi, Alhamdulillah benar-benar teraplikasi dalam travel fair perdana yang diselenggarakan Astindo Sumbar," papar owner Limbubu Tour & Travel yang oleh banyak kalangan akrab disapa "Aciak" ini. 

Lebih lanjut dipaparkan bahwa penyelenggaraan ATF 2020 di Padang diselingi serangkaian atraksi dan lomba. Pada acara pembukaan, tampil atraksi pencak silat yang dipersembahkan pesilat muda Tapak Suci. Sementara acara penutupan dimeriahkan atraksi Barongsai yang sempat menyedot perhatian segenap pengunjung Plaza Andalas. Sore harinya, menjelang acara penutupan, tampil Mona, biduan asal Malaysia lewat suara merdunya melantunkan sederet tembang lawas diiringi gitar akustik dan unpluged oleh dua rekannya.

Serangkaian lomba antara lain lomba fashion yang diikuti siswa siswi taman kanak-kanak di Padang, lomba kesenian tradisional seperti Lomba Gandang Tassa dan lainnya, serta Lomba Menulis Jurnalistik tentang Pariwisata bekerjasama dengan PWI Sumbar.

Tiga pemenang Lomba Menulis Jurnalistik yang berhak atas hadiah berupa trophy bergilir, uang tunai, voucher wisata serta  piagam dari Astindo, antara lain Rina dari media online taggar.id, judul tulisan: “Pesona Linggai Park di Maninjau”. Sri Dani dari RRI Padang dengan tulisan berjudul" “Air Terjun Dua Bidadari Padang Pariaman”, kemudian Putra Sutanto dari suratkabar Harian Pagi Padang Ekspres dengan tulisan berjudul: “Camintoran, Surga di Kaki Kerinci”. 

(*/ede)
 
Top