JAKARTA - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat nomor urut 4 Mahyeldi-Audy Joinaldy mengklaim telah memenangkan pemilihan kepala daerah atau pilkada di ranah Minang.

Ketua Tim Pemenangan Mahyeldi-Audy Joinaldy, Mochklasin, mengatakan, berdasarkan hasil hitung cepat dua lembaga survei nasional yaitu Poltracking dan Voxpol Center, paslon yang diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu berada di urutan pertama dengan perolehan suara 32 persen pada pukul 17.30 WIB tadi.

Pada pukul 18.02 WIB, Mahyeldi Ansharullah-Audy Joinaldy juga masih unggul dengan perolehan suara sebesar 32,87 persen. Jumlah tersebut didapat dari 87,33 persen sampel suara yang masuk di Voxpol Centre.

"Tidak hanya itu berdasarkan hasil real count sementara yang dimiliki tim pemenangan pasangan Mahyeldi-Audy juga unggul," katanya seperti dikutip dari Antara, Rabu (9/12/2020).

Mochklasin mengakui, sebelumnya pada survei soal Pilgub Sumbar, Poltracking menempatkan Mahyeldi pada urutan ketiga dan Voxpol Center pada posisi yang bersaing. Namun hasil hitung cepat keduanya saat ini seragam.

Mochklasin bersyukur atas perolehan suara sementara yang diperoleh karena walaupun masih hasil hitung cepat karena menggunakan metode ilmiah hasilnya tidak akan jauh.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada para pendukung dan relawan yang telah bekerja siang dan malam," katanya.

Ia juga menyampaikan akan segera memaparkan hasil penghitungan dari saksi Mahyeldi-Audy yang tersebar di 12.548 TPS di Sumbar

Sementara calon Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, mengatakan, mengacu pada data hitung cepat dua lembaga survei nasional hasilnya konsisten Mahyeldi-Audy berada di peringkat pertama.

Audy berpesan kepada seluruh relawan dan saksi agar menjaga perolehan suara tersebut sampai penetapan pleno oleh KPU.

Untuk diketahui, Pilgub Sumbar 2020 diikuti empat pasang calon yaitu pasangan nomor urut 1 Mulyadi-Ali Mukni disingkat MUALIM diusung Partai Demokrat dan PAN dan pasangan nomor urut 2 Nasrul Abit-Indra Catri disingkat NA-IC diusung Partai Gerindra.

Selanjutnya pasangan nomor urut 3 Fakhrizal-Genius Umar disingkat FaGe diusung PKB, Golkar dan Nasdem dan pasangan nomor urut 4 Mahyeldi-Audy diusung PKS dan PPP.

Mahyeldi merupakan Wali Kota Padang 2014-2019 dan terpilih kembali pada periode kedua 2019-2024. Setahun menjabat di periode kedua ia diamanahkan oleh PKS maju sebagai calon Gubernur Sumbar pada Pilkada 2020.

Sementara Audy Joinaldy merupakan pengusaha yang bergerak di bidang pertanian dan peternakan.

Sumber: kabar24.bisnis/antara

 
Top