MAKASSAR -- Panitia Pengawas Pemilu (Panwas) Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan mengamankan sebuah mobil Mitsubishi Pajero Sport yang membawa karung berisi masker dan amplop berisi uang di sebuah perkampungan.

Temuan ini terjadi sekitar pukul 13.00 WITA, setelah warga mendapati sebuah mobil di rumah koordinator salah satu tim pemenangan pasangan calon bupati di Dusun Parrang, Desa Baji Pamai, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros.

Warga yang melihat mobil tersebut lalu merekam gerak-gerik pemilik mobil menggunakan kamera handphone

Ketua Bawaslu Maros Sufirman mengatakan, inforrmasi yang diterima dari Panwascam Cenrana sekira pukul 13.00 WITA bahwa ditemukan sebuah mobil milik salah satu tim pemenangan Paslon Calon Bupati.

"Saat itu Panwascam melakukan pengawasan. Jadi informasi yang kami terima dari Panwascam Cenrana siang tadi itu ada warga yang menelpon ke Panwascam. Panwascam masih mengawasi logistik di kecamatan. Kemudian ada warga yang menelpon bahwa mereka menahan mobil yang diduga digunakan oknum (tim paslon) untuk membagikan sembako," papar Sufirman.

Setibanya, panwas pun langsung melakukan penggeledahan. Alhasil sejumlah logistik berupa masker dan amplop berisi sejumlah uang tunai -- diduga untuk keperluan untuk money politics -- ditemukan di dalam mobil Pajero Sport tersebut.

Selanjutnya, mobil berikut masker juga amplop berisi uang tunai itu diamankan oleh pihak Panwascam ke kantor Panwascam Cenrana, untuk menghindari aksi main hakim.

"Jadi saya minta kepada panwascam agar mobil itu dibawa oleh panwascam dengan barang bukti yang ada dalam mobil," tegas Sufrman.

Saat kejadian, warga mula-mula mencurigai gerak-gerik mobil tersebut yang masuk melalui Desa Timpuseng menuju ke Dusun Parrang. Sufirman pun mengimbau kepada warga untuk melapor jika merasa keberatan dengan temuan itu.

"Saya langsung perintahkan untuk satu orang panwascam kalau bisa ke lokasi untuk menyampaikan kepada warga bahwa kalau seumpanya keberatan silahkan warga melapor," lanjutnya.

Diketahui Panwascam menemukan dua jenis amplop yang ditemukan, yakni amplop besar dan kecil. Saat ini barang bukti berupa mobil, masker, amplop yang berisi uang tunai bersama dengan pengemudi kemudian diamankan pihak Panwascam.

Sumber: okezone

 
Top