PARIAMAN, SUMBAR - Kota Pariaman yang terletak di pinggiran pantai atau berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, merupakan salah satu kota pantai yang menjadi destinasi wisata di Pulau Sumatera. Ditilik dari historisnya, kota ini memiliki keterkaitan sangat erat dengan TNI Angkatan Laut (AL). Ini hal pertama yang menegaskan bahwa masyarakat dan pemko setempat menyambut positf hadirnya Pos TNI AL (Posal) Pariaman. 

Wali Kota Pariaman, Dr. Genius Umar, S.Sos, MSi, menyampaikan hal tersebut dalam sambutannya di acara peresmian Posal di Kota Pariaman, Provinsi Sumatera Barat, Kamis (8/8/2019) siang. 

Hal kedua, lanjut Genius, Kota Pariaman sangat membutuhkan TNI AL dalam menjaga kedaulatan bangsa dan negara dari dan lewat laut. Laut Pariaman kaya akan sumber daya ikan dan kekayaan laut lainnya, sehingga kita butuh TNI AL yang ahli di bidang kemaritiman untuk menjaga asset tersebut.

Hal ketiga, Kota Pariaman adalah salah satu destinasi wisata pantai di Pulau Sumatera. Keberadaan TNI AL dalam mengawasi wisatawan yang berkunjung ke Kota Pariaman sangat dibutuhkan.

Komandan Pangkalan Utama TNI  Angkatan Laut (Danlantamal)  Padang, Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman. M.Sc dalam kesempatan yang sama menyampaikan, tugas TNI AL sesuai dengan UU TNI No. 34 tahun 2004  bahwa selain Operasi Meliter Perang atau OMP, ada tugas lain yang namanya Operasi Militer Selain Perang (OMSP) berupa kegiatan membantu pemda dalam hal penanggulangan bencana, membantu pemerintah dalam pemerataan perekonomian masyarakat daerah, gotong royong atau lebih dikenal dengan istilah TMMD (TNI Manunggal Masuk Desa).

Posal sendiri merupakan implementasi dari tugas pokok peran dan fungsi sebagai elemen terkecil dalam strata gelar pangkalan TNI Angkatan Laut. 

Posal mempunyai tugas pokok mengumpulkan informasi dan selanjutnya disampaikan ke komando atas untuk dikaji dan evaluasi sebagai bahan pengambilan keputasan baik dalam tingkat taktis maupun strategis. 

Danlantamal juga menyampaikan apresiasi kepada Walikota Pariaman, yang telah memasukkan TNI AL dalam perencanaan pembangunan Kota Pariaman, sekaligus menjadikan TNI AL sebagai icon pariwisata Kota Pariaman. 

Dalam kesempatan tersebut, sekitar pukul 15.00 WIB, dilaksanakan peletakan batu pertama pembangunan Posal Pariaman di Desa Pasir Pauh Kecamatan Pariaman Tengah. 

Di tempat terpisah, sekitar pukul 15.45 WIB, Danlantamal II Padang hadir di SMK 3 Pariaman dalam kegiatan penyerahan bantuan bibit mangrove atau tanaman bakau sebagai tumbuhan yang banyak manfaatnya, yaitu sebagai paru paru dunia, habitat ikan, udang dan kepiting di samping penahan abrasi pantai. 

Danlantamal juga menyerahkan berupa bibit ikan gurami, nila dan lele kepada kelompok masyarakat. 

Di akhir kegiatan yang merupakan rangkaian Serbuan Teritorial Potensi dan Pembinaan Maritim atau Potmar Lantamal II Padang tersebut, dilakukan pelepasan tukik atau anak  penyu ke habitatnya.

Turut hadir dalam serangkaian kegiatan hari itu, antara lain Wakil Danlantamal II Padang Kolonel Marinir  Wurjanto. M.Han, segenap Muspida dan kepala OPD terkait Kota Pariaman, para siswa SMK 3  Kota Pariaman serta 1 (satu) pleton gabungan prajurit Lantamal, Yonmarhanlan II Padang serta personil Satpol PP dan BPBD Kota Pariaman.

Sumber: Dispen Lantamal II Padang
Editor: ede
 
Top