JAKARTA -- Kepala Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengungkap ada 14 provinsi yang ada Pilkada 2020 tidak dalam kondisi zona merah Corona. Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) sempat masuk daftar, namun kembali keluar karena ada satu daerah yang kembali zona merah.

"Ada 14 provinsi yang ada kegiatan pilkada namun tanpa zona merah. Sulawesi Selatan sempat masuk tetapi data terakhir ada tambahan 1 kabupaten/kota yang zona merah. Jadi sebenarnya provinsi Sulawesi Selatan sudah menunjukkan tren yang sangat baik namun pada hari kemarin ada penambahan," ujar Doni Monardo seusai rapat terbatas dengan Presiden Jokowi secara virtual, Senin (12/10/2020).

Doni pun berbicara mengenai Pilkada di tengah pandemi Corona. Ia menyebut, permasalahan adalah soal kedisplinan warga terhadap protokol kesehatan COVID-19.

"Disini dapat disimpulkan masalahnya bukan ada atau tidaknya pilkada. Masalahnya adalah lebih kepada masalah kepatuhan terhadap disiplin menggunakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumuman, serta cuci tangan," tutur Doni.

Berikut daerah peserta pilkada yang tidak ada zona merah per 12 Oktober 2020:

1. Sulawesi Utara: Pilgub dan 7 Pilwali/Pilbup

2. Sulawesi Tengah: Pilgub

3. Sulawesi Barat: 4 Pilbup

4. Nusa Tenggara Barat: 7 Pilwali/Pilbup

5. Maluku Utara: 8 Pilwali/Pilbup

6. Lampung: 8 Pilwali/Pilbup

7. Kepulauan Riau: Pilgub

8. Bangka Belitung: 4 Pilwali/Pilbup

9. Kalimantan Utara: Pilgub

10. Kalimantan Tengah: Pilgub

11. Kalimantan Barat: 7 Pilwali/Pilbup

12. Jawa Timur: 19 Pilwali/Pilbup

13. Gorontalo: 3 Pilwali/Pilbup

14. Bengkulu: Pilbup

Sumber: detik

 
Top