PADANG -- Dalam dua hari terakhir harga cabai di Kota Padang mengalami tren menurun. 

"Alhamdulillah dalam dua hari belakangan cabai yang ada di pasar-pasar di Kota Padang harganya berangsur turun Rp5 ribu. Pada hari Senin (29/07/2019) harga cabai itu Rp65 ribu per kilogramnya dan pada Selasa (30/07/2019) harganya turun kembali menjadi Rp60 ribu perkilo," ujar Kepala Dinas Pangan Kota Padang, Syahrial Kamat, Selasa (30/07/2019).

Ia mengatakan, penurunan ini tidak terlepas dari stok cabai Sumatera yang meningkat, sehingga agak bisa menutupi kekurangan cabai karena musim kemarau di Jawa. Tren penurunan harga cabai ini diharapkan akan terus berlanjut.

"Beberapa waktu kedepan memang harga cabai diprediksi di atas Rp50 ribu. Sekarang kita hanya bisa berharap dari stok-stok cabai yang berasal dari Sumatera yang belum bisa mencukupi kebutuhan cabai kita di Kota Padang," katanya.

Namun, harga cabai dipastikan akan turun dan kembali normal apabila musim kemarau di Jawa sudah selesai. Sebab, 70 persen dari kebutuhan Kota Padang ditutupi dari cabai daerah Jawa.

"Memang saat ini masih ada cabai Jawa yang datang. Namun tidak banyak seperti biasanya dan harganya pun cukup tinggi, sehingga mau tidak mau pedagang harus menjual dengan harga yang tinggi pula," sebutnya.

Laporan: Charlie/KominfoPadang
 
Top