PADANG -- Peranan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) sangat strategis dalam pembangunan di daerah yang identik dengan pengentasan kemiskinan dan kebodohan.

Pentingnya peran pemerintah daerah dan masyarakat melakukan upaya dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga yang dapat dilakukan setiap desa di kampung KB, merupakan salah satu upaya pendekatan pelayanan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) kepada masyarakat.

Gubernur Sumatera Barat Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, S.Psi., M.Sc, memaparkan hal itu dalam festival "Biduak Keluarga" dalam rangka hitung mundur satu tahun Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) Tingkat Nasional ke XXVI tahun 2020 di Provinsi Sumbar, bertempat di Pantai Padang, Sabtu (29/6/2019).

Bersama gubernur, turut hadir Sekretaris Utama BKKBN Nofrijal, Kepala perwakilan BKKBN Sumbar Syahruddin, Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, Forkopimda, para Kepala SKPD provinsi dan Kota Padang terkait.

Gubernur menyampaikan bahwa keluarga bukan wadah meneruskan keturunan semata, lebih dari itu harus ada nilai-nilai dasar membangun respect terhadap diri sendiri, orang lain maupun kepada lingkungan. Karakter tidak terbentuk begitu saja, melainkan karakter bisa terbentuk dari kebiasaan dini yang terdapat dari keluarga dan lingkungan.

"Untuk itu peran keluarga di sini sangat penting dalam memberikan pembentukan karakter pada anak, mulai dari akhlak budi pekerti, agama, sopan santun dan pendidikan untuk bekal masa depannya," ungkap gubernur Irwan Prayitno.

Gubernur berharap program BKKBN dapat tersosialisasikan ke masyarakat dalam mengaktualisasikan delapan fungsi keluarga dan membangun karakter bangsa melalui perwujudan keluarga yang agamais, cinta kasih, perlindungan, ekonomi, sosial pendidikan, reproduksi, sosial budaya, dan pembinaan lingkungan. 

Selanjutnya gubernur mengajak masyarakat Sumbar ikut mensukseskan HARGANAS XXVI tahun 2020 di Sumbar, mulai saat ini.

"HARGANAS XXVI tahun 2020 bukan hanya tanggungjawab dari BKKBN saja tetapi tanggungjawab kita bersama, untuk itu mulai saat ini hitungan mundur, mari kita dengungkan hari ini. Kita hebohkan hari ini, kita rancang dan kita buat acara ini tersukses sepanjang acara HARGANAS ini," ajak Irwan Prayitno. 

Sekretaris Utama BKKBN, Nofrijal, mengatakan, HARGANAS XXVI sekaligus menjadi ajang menggelorakan dan mensosialisasikan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), guna mewujudkan bangsa Indonesia yang berkarakter dan sejahtera.

HARGANAS mengingatkan kita akan pentingnya 8 fungsi keluarga secara optimal meliputi agama, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi, pendidikan, ekonomi dan lingkungan sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara.

"Mari ciptakan kebersamaan bersama Keluarga, luangkan waktu bersama keluarga. Mari wujudkan keluarga yang sejahtera. Cinta Keluarga, Cinta Terencana 

Adapun tema dari Harganas tahun ini yaitu: Hari Keluarga Hari Kita Semua, Cinta Keluarga Cinta Terencana. Kami Keluarga Besar Perwakilan BKKBN Sumatera Barat mengucapkan " Selamat Hari Keluarga Nasional 2019 "

HARGANAS mengingatkan kita akan pentingnya 8 fungsi keluarga secara optimal meliputi agama, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi, pendidikan, ekonomi dan lingkungan sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara. 

"Yuk ciptakan kebersamaan bersama Keluarga. Luangkan minimal 15 menit untuk menikmati waktu bersama. Mari wujudkan keluarga yang sejahtera. Cinta Keluarga, Cinta Terencana," ajak Nofrijal.

#Pers Relis Biro Humas Setdaprov Sumbar

 
Top