PADANG -- Sebanyak 238 bangunan di sepanjang jalur rel kereta api  Stasiun Simpang Haru menuju Stasiun Pulau Air akan segera dibongkar. Pembongkaran tersebut terkait rencana reaktifasi Stasiun Kereta Api Pulau Air yang akan dilaksanakan tahun ini.

"Dari 238 bangunan tersebut, 151 merupakan bangunan yang berkontrak dengan PT KAI, sementara 87 lainnya tidak memiliki kontrak," ujar Muhammad Ansyari dari Balai Teknik Perkereta Apian Sumatera Barat, Jumat (21/6/2019). 

Menurut Ansyari, pihaknya akan memberikan bantuan berupa upah pembongkaran bangunan masing-masing sebesar Rp150 ribu/M2 untuk bangunan permanen dan Rp100 ribu/M2 untuk bangunan semi permanen. Hal tersebut disampaikan saat diwawancara usai sosialisasi dengan masyarakat pemilik bangunan yang masuk dalam jalur reaktifasi.

Rencananya, reaktifasi Stasiun Kereta Api Pulau Air akan selesai dan dapat dioperasikan pada pertengahan tahun 2020. Diharapkan dengan reaktifasi ini dapat mendukung rencana Pemkot Padang dalam menghidupkan kawasan Pulau Air dan Batang Arau sebagai kawasan wisata kota tua.

(rja/ede)
 
Top