SAWAHLUNTO, SUMBAR -- Kebun Binatang Kandih memperoleh peluang untuk menambah keberagaman hewan dan wahana dari Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta. Peluang itu ditawarkan langsung oleh Direktur Kebun Binatang Gembira Loka, Tirtodiprojo, yang berkunjung ke Kebun Binatang Kandih, Selasa (26/6/2019) kemarin. 

Tirtodiprojo, yang sebelum mengunjungi Kebun Binatang Kandih diundang Wakil Walikota Zohirin Sayuti untuk berdiskusi ramah tamah di Balaikota mengatakan bahwa pihak Gembira Loka bersedia untuk membantu Kebun Binatang Kandih baik itu dalam konsultasi pengelolaan hewan, juga untuk beberapa hewan yang sudah cukup banyak di Gembira Loka maka bisa dipinjamkan untuk Kandih. 

"Kebun Binatang Kandih ini bagi saya pribadi punya kedekatan emosional. Sebab pada waktu pendiriannya dulu, bersama mendiang pak Amran Nur (Walikota Sawahlunto periode itu) saya ikut berkontribusi membangun Kandih. Juga sampai sekarang, komunikasi dan sinergi terus terjalin baik dengan pak Wakil Walikota Zohirin, Direktur PT. WWS Afridarman dan konsultan Kebun Binatang Kandih Wisnu Wardana. Sehingga kita pun enak untuk meningkatkan kerjasama, sesuai dengan landasan aturan Perundang - Undangan yang berlaku," kata Joko, panggilan akrab Tirtodiprojo, dalam perbincangan dengan Wawako Zohirin Sayuti.

Dalam perbincangan itu, Tirtodiprojo juga mengungkapkan beberapa inovasi yang dilakukan Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta dalam mengelola hewan, kandang sampai peningkatan mutu makanan hewan. 

"Kita kan sama - sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Sehingga yang kita butuhkan adalah kolaborasi. Kami membuka lebar pintu untuk bekerjasama dengan Kebun Binatang Kandih," ujar Joko. 

Menanggapi kesediaan pihak Gembira Loka itu, Wakil Walikota Zohirin Sayuti menyampaikan terimakasih dan menyatakan akan mengirim tim Kebun Binatang Kandih untuk melakukan studi banding (peninjauan) ke Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta. 

"Seperti yang diperlihatkan oleh pak Tirtodiprojo tadi, banyak wahana dan atraksi hewan yang ada di Gembira Loka yang berpeluang besar untuk dapat kita lakukan juga di Kandih. Sebah itu kita tindak lanjuti betul kerjasama ini. Dalam waktu dekat, saya instruksikan Direktur PT. Wahana Wisata Sawahlunto (WWS) dan tim pengelola Kebun Binatang Kandih untuk melakukan studi banding sekaligus memperdalam ilmu dan mematangkan kerjasama ke Kebun Binatang Gembira Loka," sebut Wawako Zohirin Sayuti. 

Diajak mengunjungi Kebun Binatang Kandih seusai pertemuan dengan Wawako Zohirin Sayuti, Tirtodiprojo sangat antusias memantau perkembangan Kandih. 

Seperti yang dikatakan oleh Direktur PT. WWS, Afridarman yang mendampingi Tirtodiprojo mengunjungi Kebun Binatang Kandih. Sejumlah saran langsung diberikan oleh Direktur Kebun Binatang Gembira Loka itu untuk inovasi dan pengelolaan Kebun Binatang Kandih yang lebih baik.

(rel/ede)
 
Top