SAWAHLUNTO, SUMBAR -- Jemaah Calon Haji (JCH) Kota Sawahlunto dipastikan masuk dalam kloter 9, bergabung dengan Kota Bukittinggi dan Kota Padang. Awalnya JCH "kota arang" ini masuk kloter 11, kemudian berubah ke kloter 8 hingga akhirnya ditetapkan menjadi kloter 9.

"Jika tidak ada perubahan JCH Sawahlunto akan berangkat ke Tanah Suci tanggal 14 Juli besok dan masuk Asrama Haji Padang sehari sebelumnya," ujar Kepala seksi Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah, H. Zainul Arizal, saat memimpin apel pagi aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Sawahlunto, Jumat (28/6/2019).

"Sebanyak 68 orang JCH kita masuk gelombang pertama," imbuhnya.

Terkait manasik haji dari Kementerian Agama akan diselenggarakan Senin (1/7/2019) besok secara maraton, mulai tingkat kota hingga kecamatan lalu ditutup pula kembali tingkat kota.

Khusus tahun ini ungkap Zainul, Walikota Sawahlunto Deri Asta langsung akan menjadi Tim Petugas Haji Daerah (TPHD).

Sementara itu, Kepala Kankemenag H. Idris Nazar, menerangkan, terkait himbauan Kepala Kanwil Kemenag Sumatera Barat tentang pentingnya penyebaran spanduk-spanduk ucapan selamat kepada calon haji di berbagai lokasi strategis, sudah disiapkan sebagaimana mestinya.

"Ada 21 buah spanduk, akan kita sebarkan pada lokasi strategis di 4 kecamatan ditambah 3 spanduk besar dipasang di kawasan pusat kota serta jalan provinsi yang menghubungkan antar kabupaten/kota," terangnya. 

(fmi/rin/ede)
 
Top