PADANG -- Setelah pelaksanaannya sempat terganjal lantaran masih menunggu difasilitasinya Peraturan Gubernur (Pergub) Sumatera Barat oleh Kementerian Dalam Negeri (Mendagri), akhirnya pihak Dinas Pendidikan Sumbar mengumumkan bahwa pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK dibuka pada tanggal 25 Juni ini.

Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Adib Alfikri, dalam gelar jumpa pers di salah satu restoran terkemuka di kawasan Simpang Haru Padang, Kamis (20/6/2019), menegaskan bahwa persoalan Pergub sudah selesai. Kemendagri sudah memfasilitasi Pergub terkait, sehingga pendaftaran PPDB SMA/SMK di Sumbar telah bisa dibuka.  

Lebih lanjut, mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumbar ini menjelaskan bahwa pendaftaran dibuka dalam beberapa tahap. Dimulai pembukaan pendaftaran secara offline atau manual mulai tanggal 25 sampai 28 Juni, khusus bagi peserta luar zonasi untuk jalur prestasi dan anak, guru terkait, serta dalam zonasi untuk jalur prestasi dan anak, guru terkait. 

Pengumuman calon diterima dilaksanakan pada tanggal 29 Juni dan pendaftaran ulang bagi yang diterima dilaksanakan pada tanggal 1 Juli.


"Untuk jalur prestasi dan anak, guru, baik dari dalam maupun luar zonasi, dilakukan secara offline guna langsung memeriksa berkasnya," urai pria yang pernah satu periode menjabat Ketua DPD KNPI Sumbar tersebut. 

Pendaftaran secara online, lanjut Adib, dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tanggal 4-6 Juli dengan pengumuman pada 8 Juli dan pendaftaran ulang pada 8-10 Juli.

Sedangkan tahap dua dilaksanakan pada 11-12 Juli, pengumuman dan daftar ulang pada 13 Juli.

Untuk sekolah yang tidak memiliki jaringan internet, jelas Adib, dilakukan pendaftaran offline ke sekolah yang dituju dalam dua tahap. Tahap 1 dilaksanakan 4-6 Juli, pengumaman pada 8 Juli dan daftar ulang 8-10 Juli. Kemudian tahap 2 pendaftaran dibuka pada 11-12 Juli, pengumuman dan daftar ulang dilaksanakan pada 13 Juli.

"Sementara untuk hari pertama masuk sekolah dilaksanakan pada 15 Juli," urai Adib. 

Turut mendampingi Adib dalam kesempatan yang dihadiri puluhan awak media di Padang tersebut, di antaranya Kepala Biro Humas Setdaprov Sumbar Jasman Rizal dan sederet pejabat lingkungan Disdik Sumbar lainnya. 

(ede)

 
Top