PADANG -- Sebanyak 1.168 calon jemaah haji (CJH) Kota Padang mengikuti manasik massal di Masjid Nurul Iman, Padang, Minggu (23/6/2019). 

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Sumatera Barat, H. Hendri, SAg, MPd, didampingi Kepala Kantor Kemenag (Kakankemenag) Kota Padang, drs. H. Marjanis, MPd, serta dihadiri petugas kloter yang akan mendampingi CJH nantinya. 

Kepada peserta manasik, Kakanwil Hendri menyampaikan bahwa CJH mesti selalu bersyukur kepada Allah Subhanallahu Wa Ta'ala karena akan mendapatkan nikmat yang besar, yakni akan berangkat menunaikan ibadah haji ke tanah suci pada tahun ini.

"Saat ini lebih kurang 1,5 miliar penduduk muslim di dunia yang berharap dapat menunaikan ibadah haji dan bapak ibu merupakan  calon jamaah haji yang Insya Allah akan berangkat pada tahun ini. Maka untuk itu mari selalu meningkatkan rasa sykur kepada Allah Subhanallahu Wa Ta'ala", serunya.

Kakanwil juga presentasi inovasi penyelenggaraan ibadah haji di embarkasi Padang tahun 2019, di antaranya penyediaan buku panduan perjalanan jemaah haji, serta pemberian kalungan bunga kepada petugas kloter, serta menyurati bupati/ walikota untuk dapat menyambut langsung kepulangan jemaah haji sesuai daerahnya. Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) embarkasi Padang yang laki- laki, dalam musim haji tahun ini, mengenakan peci.

Inovasi lainnya, penyambutan jemaah haji dengan sholawat badar, air zam- zam langsung diterima jemaah haji sesampai di tanah air/ daerahnya dan pemasangan spanduk selamat jalan / selamat datang Duyufurraman dari dan menuju asrama haji.

Masih pada kesempatan itu, Kakanwil Hendri juga menjelaskan jumlah keseluruhan jemaah haji, kloter, petugas kloter yang akan berangkat melalui embarkasi Padang dan biaya penyelenggaraan ibadah haji dan subsisdi kepada jemaah haji Provinsi Sumatera Barat tahun ini.

Sedangkan Kakankemenag Kota Padang, H. Marjanis dalam hantaran kata menyampaikan ucapan terima kasih kepada calon jamaah haji yang sebelumnya telah melaksanakan manasik secara mandiri.

"Untuk mewujudkan tujuan dari manasik haji, kita di Kota Padang memiliki motto pada tahun ini yaitu sabar, ikhlas dan haji mabrur", ungkap pria humoris yang pada musim haji tahun ini ikut menjadi petugas kloter I. 

(rki/ima/ede)

 
Top