PEKANBARU -- Pemerintah Kota Pekanbaru dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru (DLHK) terus mempersiapkan diri untuk meraih penghargaan Adipura. Bahkan,  saat ini,  pihak DLHK secara intens memantau semua titik Tempat Pembuangan Sementara (TPS) yang ada di "Kota Bertuah" ini supaya tetap bersih dan tidak semraut.

"Hal ini dilakukan agar Kota Pekanbaru menjadi kota yang nyaman dan indah," ungkap Kepala DLHK Kota Pekanbaru, Zulfikri, SH, kepada awak media, Senin (28/10/2019).

"Saat ini,  kita gencar lakukan penertiban dan pengawasan di setiap TPS agar sampah tidak berserakan. Bahkan, hari ini kita bersama dengan tim melakukan peninjauan ke TPS Air Hitam. Ini salah satu langkah kita untuk menjaga kebersihan dan keindahan kota dari sampah. Terlebih lagi,  untuk persiapan meraih piala Adipura, " ujar Zulfikri.

Dijelaskan Zulfikri, dari penilaian yang dilakukan pada tahap satu yang lalu oleh tim penilaian dari pusat, dari 12 kabupaten /kota di Provinsi Riau, Kota Pekanbaru lolos penilaian pertama piala Adipura.

"Alhamdulillah hasil penilaian pertama Adipura dari 12 Kabupaten di Riau, ada empat Kabupaten - Kota yang lolos penilaian pertama Adipura. Dari empat itu Kota Pekanbaru menjadi salah satu kandidat kuat peraih Penghargaan Piala Adipura," ujar Zulfikri .

Dijelaskan Zulfikri,  untuk meraih piala Adipura ke Kota Pekanbaru pihaknya tidak bisa bekerja sendiri. Maka dari itu ia berharap kepada seluruh masyarakat Kota Pekanbaru untuk taat dan mematuhi jadwal membuang sampah

"Dengan begitu patuhilah jadwal buang sampah, maka sampah tidak akan kita temukan lagi di siang hari. Karena peran  masyarakat menjadi kunci Kota Pekanbaru meraih penghargaan piala Adipura tahun ini, " harapnya.

Zulfikri menambahkan,  jelang penilaian kedua piala Adipura dari pusat, seluruh tim DLHK dan pihak ketiga (perusahaan rekanan pengangkut sampah) fokus memantau titik- titik rawan sampah. Sehingga sampah tidak ditemukan lagi. 

 "Ya nantinya kita tidak ingin ada sampah di siang hari. Jika ada akan langsung kita angkat dan antarkan ke TPA. Jika sampah tidak berserakan dan kesadaran masyarakat tinggi,  maka kita optimis piala adipura bisa kita raih, " tutur Zulfikri.

Sumber: kiblatriau.com
 
Top