MENTAWAI, SUMBAR -- Unit Kesehatan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) ll Padang melalui Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tuapejat bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai, melaksanakan kegiatan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Khusus Penyelam, bertempat di aula kantor KP2T Km. 5 Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara, Mentawai, Senin (21/10/2019).

Rangkaian sosialisasi diisi ceramah kesehatan oleh dua orang narasumber dari Lantamal II Padang, Kapten Laut dr. Tiya Setiadi dan Letda Laut drg. Adhe Susanti. Hadir selaku peserta, para pelaku dan pegiat aktivitas menyelam, pegiat kesehatan serta siswa siswi sekolah dasar dan menengah di Tuapejat.

Danlanal Tuapejat Mentawai, Letkol Laut Anis Munandar, menjelaskan, sosialisasi kesehatan bagi penyelam ini dilaksanakan terkait tuntutan agar penyelam menerapkan perilaku hidup sehat dalam kegiatannya, serta bagaimana cara cara penyelamatan di laut bagi penyelam.

"Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama kita dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai, dalam hal ini pihak Lamtamal ll Padang berperan menghadirkan narasumber. Lengkapnya kegiatan ini bertajuk sosialisasi Kesehatan Penyelam (Hiperbarik), Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta Kesehatan Gigi dan Mulut, " papar Anis. 

Sementara itu, dr. Tiya Setiadi, mengatakan, Kepulauan Mentawai identik dengan destinasi pariwisatanya yang indah, khususnya dari segi diving. Masyarakatnya harus pula memahami dan mampu mengatasi masalah kesehatan, terutama pada saat melakukan aktivitas menyelam. Terkhusus bagi masyarakat biasa yang mata pencariannya di laut dengan menyelam.

Baca Juga: Ceramah Kesehatan di Lantamal II Padang, dr. Tiya Setiadi ...

"Dalam kesempatan ini kami memberikan wawasan seputar teknis dan tata cara menyelam dengan baik dan sehat, sehingga bisa menghindari masalah-masalah yang dialami oleh pegiat aktivitas menyelam. Bagaimana menyelam dengan baik dan tidak menimbulkan penyakit," paparnya lagi. 

Menurut dr. Tiya, masyarakat perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi keluhan-keluhan dan resiko penyakit yang ditimbulkan pada aktivitas menyelam, salah satunya bila terjadi pegal-pegal, kram serta gatal gatal.

"Kita berharap acara sosialisasi yang kita adakan saat ini dapat bermanfaat bagi pegiat aktivitas menyelam. Peserta lebih memahami tata cara menyelam dengan taknik yang baik, serta lebih memperhatikan keselamatan," harap Tiya. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai Lahmuddin Siregar menekankan, perilaku hidup bersih dan sehat harus terus disosialisasikan kepada masyarakat, karena masalah kesehatan tak terhenti hari ini saja.

Menurutnya, masyarakat harus menghindari perilaku hidup yang tidak baik, sebaliknya selalu membiasakan berprilaku hidup bersih dan sehat dengan menjaga lingkungan tetap bersih dan melakukan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi. 

Kegiatan sosialisasi kesehatan bagi penyelam ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Mentawai, Kortanius Sabeleake, dihadiri Dandim 0319/ Mentawai Letkol TNI Didid Yusnaidi, Staf Ahli Setdakab Mentawai Zulfikar serta Kalaksa BPBD Mentawai Novriadi.  

(man/ede)
 
Top