PADANG - Serangkaian kegiatan bersifat sosial sudah dilaksanakan oleh Kordinator Cabang II Daerah Jalasenastri Armada (Korcab II DJA) I, yang akan melaksanakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 73 pada tanggal 27 Agustus mendatang. 

Pagi tadi, Jumat (2/8/2019), bertempat di gedung Nanggala Markas Komando Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) II Padang, dilaksanakan penyuluhan kesehatan dan hukum untuk Anggota Jalasenastri serta anggota Pramuka Saka Bahari binaan Dinas Potensi dan Pembinaan Maritim (Dispotmar) Lantamal II Padang. Kegiatan berlangsung mulai pukul 08.10 s/d 11.00 WIB. 

Penyuluhan kesehatan yang dilakukan oleh dr. Selly dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan bertemakan Narkotik dan Obat Berbahaya (Narkoba) dan HIV AIDS. 

Dipaparkan bahwa narkoba dan HIV AIDS dalam kehidupan saat ini bukan hal baru, tetapi sudah merambah ke tingkat yang mencemaskan. Karena, jika narkoba sudah dikonsumsi oleh anak anak, berarti ancaman serius bagi bangsa. 

Pencegahan tindak penyalahgunaan narkoba oleh anak-anak, tidak terlepas dari peran ibu dalam rumah tangga. 

"Orang tua harus tau dan mencari tau jika anaknya di rumah menunjukkan gelagat yang tidak pantas atau mencurigakan, tidak seperti biasanya," ujar dr. Selly  

Di tempat yang sama Kepala Dinas Hukum  (Kadiskum) Lantamal II Padang, Letkol Laut (KH) Soniady D Sadarisman, SH, MH, menyampaikan, penyuluhan hukum kepada anggota Jalasenastri beserta Pramuka Saka Bahari bertemakan "Kekerasan dalam Rumah Tangga ( KDRT)".

"Kekerasan dalam rumah tangga ini, sering terjadi di lingkungan kita. Perhatikan aktivitas anak di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Selalu tingkatkan komunikasi dalam rumah tangga, antara bapak,ibu dan anak, agar terhindar dan memproteksi hal yang tidak kita inginkan terjadi dalam rumah tangga. Ibu Jalasenastri beri perhatian penuh dalam rumah tangga," demikian diingtkan Soni, panggilan akrab sehari-hari Kadiskum dalam penyampaian materi pagi tadi. 

Kegiatan ini dihadiri Ketua Korcab II DJA I beserta pengurus lainnya. 

Di akhir acara Ketua Korcab II DJA I, menyerahkan piagam kepada Kadiskum Lantamal II Letkol Laut (KH) Soniady D Sadarisman, SH,MH.

Sumber: Pers Relis Dispen Lantamal II Padang
 
Top