foto: danil yohanda
PADANG -- Tertib berlalulintas merupakan budaya yang mestinya menjadi bahagian dari kepribadian setiap masyarakat di Republik Indonesia. Kita menyambut baik kampanye tertib berlalu lintas dari Ditlanlas Polda Sumbar, terutama untuk generasi millenial.

Wakil Gubernur Sumbar, Drs. H. Nasrul Abit, mengungkapkan hal itu beberapa saat sebelum melepas puluhan ribu peserta 'Padang Color Run' yang termasuk dalam rangkaian kegiatan Millennial Road Safety Festival 2019 yang dilaksanakan di Jalan Khatib Sulaiman, Padang, Minggu (10/3/2019) pagi. Turut melepas, Kapolda Sumbar Irjen (Pol) Drs. Fakhrizal, M.Hum, Wakapolda Sumbar Brigjen Pol. Drs. Damisnur. AM, SH. MM dan Dirlantas Polda Sumbar Kombes Pol. Singgamata, Ketua DPRD Sumbar Ir. H. Hendra Irwan Rahim serta Kajati Sumbar Priyanto, SH, MH.  

Menurut Wagub Nasrul Abit, dengan menumbuhkan kesadaran tentang keselamatan sejak dini secara bersama-sama, dapat menekan angka kecelakaan serta korban meninggal dunia dijalanan.

"Kesadaran tertib berlalu lintas harus ditumbuhkan secara bersama-sama dan berkesinambungan," kata Nasrul Abit.

Ia juga menambahkan pentingnya budaya saling mengingatkan sesama pengguna jalan raya guna menciptakan kesadaran, kewaspadaan dengan mengutamakan keamanan dan keselamatan berlalu lintas di Sumbar.

"Pemerintah Sumbar sangat mendukung kegiatan ini dan sekaligus mengucapkan terima kasih kepada jajaran kepolisian yang sudah mengelar acara ini, agar para generasi millenial dapat memahami  kesadaran berlalulintas dan diharapkan menjadi pelopor keselamatan bagi masyarakat lainnya," ujarnya. 

Wagub juga mengatakan,  kegiatan Millennial Road Safety Festival 2019 dilatar belakangi karena kecelakaan lalu lintas menjadi urutan ke 5 angka kematian tertinggi di Indonesia. Realita yang amat memprihatinkan sekali. Angka kecelakaan lalu lintas lebih mendominasi di kalangan kaum muda rentang umur 17 - 35 tahun. 

"Kita berharap dengan kegiatan hari ini akan mampu membuka kesadaran generasi millenial Sumbar untuk mentaati aturan dan budaya berlalu lintas dengan baik dan benar. Generasi yang hebat itu adalah generasi yang berpikir, berbuat dan bertindak sesuai aturan dan juga mempertimbangan hak orang lain, " ajak Nasrul Abit

Acara Millennial Road Safety Festival 2019 diikuti oleh ribu warga Padang yang memadati ruas jalan Khatib Sulaiman, dengan amata antusias berpartisipasi menyemarakan kegiatan ini. 

Panitia juga menyediakan hadiah untuk para peserta berupa 1 unit mobil, lima unit sepeda motor, kulkas, dan lainnya. Juga ada menampilkan musisi ibukota seperti Armada, Pusakata, Ifan Govinda, komika Praz Teguh, meramaikan hebohnya Millennial Road Safety Festival 2019 di Kota Padang. 

(zrd/ede)
 
Top