JAKARTA -- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memastikan akan kembali membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun ini. Rencanannya pembukaan sendiri akan dilakukan pada akhir tahun 2019.

Menteri PANRB Syafruddin mengatakan, rencananya, pembukaan CPNS sendiri akan dilaksanakan antara bulan Oktober dan November. Ini sama dengan pembukaan pendaftaran CPNS pada tahun lalu.

"Nanti, akhir tahun. Mungkin sama dengan tahun lalu, Oktober atau November," ujarnya saat ditemui di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (28/3/2019).

Sementara itu mengenai jumlah formasi yang akan dibuka, Syafruddin menyebutkan jika akan ada sekitar 100.000 formasi pada tahun ini. Memang jumlahnya lebih rendah dibandingkan tahun lalu yang mencapai 200.000 formasi.

Namun, Syafruddin belum menjelaskan secara rinci dan detail formasi apa nantinya yang akan dibuka pada seleksi CPNS tahun ini. Akan tetapi jika berdasarkan kebutuhan guru yang masih mencapai 700.000 tenaga pengajar, besar kemungkinan jika pada tahun ini posisi guru masih akan menjadi formasi yang memiliki porsi terbesar.

"Formasi pada CPNS tahun ini akan berjumlah sebanyak 100.000 formasi," ucapnya seperti dilansir dari okezone.com.

Selain CPNS, pemerintah juga akan membukanya kembali pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahap dua. Pembukaan PPPK sendiri akan lebih dulu dilaksanakan.

Rencanannya, pembukaan PPPK tahap II akan dilakukan antara Juni dan Juli 2019. Pada tahap II ditargetkan bisa menarik 150 ribu tenaga PPPK.

Seleksi PPPK Tahap I sendiri sudah dilaksanakan pada 12-17 Februari 2019 dengan jumlah formasi terisi sekitar 50 ribu posisi. Pada tahap I, pembukaan tenaga PPPK dilakukan untuk formasi tenaga honorer.

(okz/bin)
 
Top