JAKARTA -- Selama 3 hari, 5-7 April 2019 mendatang, pusat perbelanjaan Blok M Square Jakarta Selatan bakal disemaraki artis minang lintas generasi. Dua legenda lagu Minang,  Elly Kasim dan Ernie Djohan, siap mengobati kerinduan akan lagu-lagu Minang tempo doeloe yang hingga kini masih hits, dalam iven kolosal bertajuk The Vast Piaman Fest atau Festival Piaman Laweh 2019! Jangan lupa, catat tanggalnya! 

Cik Uniang Elly Kasim, pada awal-awal hadirnya di blantika musik minang modern tanah air sempat mempopulerkan tembang berjudul "Sala Lauak", penganan khas 'rang Piaman. Sedangkan Uni Ernie Djohan dengan tembang hits "Teluk Bayur" di eranya, juga sudah tak asing lagi bagi kita.

Selain dua biduanita senior tersebut, juga akan tampil sederet artis populer Ranah Minang lainnya. Ada Ajo Bule, seorang pria berkebangsaan Australia yang kadung mencintai perempuan Minang asal Piaman berikut warisan seni budayanya yang khas. Pernah khan ya menonton video Ajo Bule yang sempat viral? Kemudian ada Ajo Buset! Lelucon Ajo yang satu ini tak kalah ngehits! Tonton saja youtube nya!

Bagi yang ngefans penyanyi Minang Rayola, tentunya tak bakal melewatkan kesempatan menyaksikan langsung penampilan pelantun "Rindu Uda Sayang" ini, tentunya dengan hadir Blok M Square! 

Jangan pula lewatkan penampilan Upiak Unyuik dan Mak Pono! Dua sejoli yang kompak banget dan so bikin kita terbahak bahak sakit peyuuut!

Demikian informasi dari Ketua Panitia Pelaksana The Vast Piaman Fest, Sastri Bakry, melalui pesan what's app ke redaksi www.sumatrazone.co.id, Senin (11/4/2019). 

Selanjutnya, tunggu juga penampilan Fanny Fergina dan Della Talenta, dua penyanyi muda berbakat jebolan Sumbar Talenta asuhan Sastri Bakry, "induak angkang" audisi penyanyi berbakat Sumbar yang pada iven ini juga bakal menyumbangkan suara emasnya! 

Kemudian ada Rani Sagita, penyanyi minang asli Piaman yang sekarang berkarir di Jakarta sudah tidak diragukan lagi kemampuan vokalnya. 

"Pokoknya masih banyak lagi artis Minang lainnya yang akan hadir memeriahkan alek ughang Piaman ini," ungkap Sastri. 

The Vast Piaman Fest atau Festival Piaman Laweh 2019 sedianya akan dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumatera Barat, Prof. Irwan Prayitno. Bakal hadir di acara pembukaan antara lain Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berikut tokoh Minang yang berkiprah di tingkat nasional seperti Wakil Ketua DPR-RI Fadli Zon, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Keluarga Daerah Pariamaan (DPP PKDP), H. Refrizal, didampingi Walikota Pariaman Genius Umar dan Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni, serta Ketua Dewan Penyantun PKDP, H. Sagi.

Dijelaskan Sastri, digelarnya iven yang merupakan program kegiatan DPP PKDP Bidang Pendidikan, Seni Budaya dan Adat ini, selain merupakan ajang silaturahmi sesama perantau Minang khususnya ughang Piaman, juga sebagai bentuk kecintaan ke kampung halaman sekaligus ingin mempromosikan kesenian tradisi, pakaian khas Pariaman dan kuliner.

"Ada peragaan pakaian khas Piaman oleh Bundo2 kita, tokoh Sumbar, Nasional dan internasional antara lain Nevi Irwan Prayitno II, In Mardison Mahyuddin II, Lucy  Genius, Evi Syahrizon, Sastri Bakry, Nuraini B Prapdanu, herlina hasan basri , OVi none Jakarte, nova dengan guest Star dari Malaysia Shirley Idris serta mantan uda Pariaman
Jose Rizal, Endru , mantan abang jakarta Burmalis Ilyas dan lain2 .😍😍. Demikian tulis Sastri di pesan WA-nya. 

Lebih lanjut, perempuan yang juga penyair, penulis sejumlah buku dan dikenal sebagai penggiat literasi ini, menulis, 

"Ndak kalah serunya tidak sekedar mendengar lagu ada juga :
Lomba
1.randai
2.gandang tambua tasa
3.rabab piaman
4.kukua karambia (memarut kelapa)
5.giliang lado (ngulek cabe)
6.lomba masak kapalo lauak .

Nah kesenian yg bikin heboh
Hoyak tabuik, silek Uluambek,indang pariaman, main KIM insya Allah akan muncul.

Semoga tokoh2 hebat kito betul2 hadir sadonyo. Pembukaan seremonialnya oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno,

Hadiah seru bagi teman teman ikut lomba yg disebut  di atas akan mendapatkan
2 unit sepeda motor ( lomba dan KIM) uang tunai , beragam hadiah dan sertifikat.
Kemon ...kemon..sanak sudaro sado alahe tautamo rang Paiaman..jan sampai katinggalan, satolah sakaki..kito hoyak lai..balelang katan duyan wak.👏👏👏👏😍😍😍😍😍😍😆😆😆
BISMILLAH🤗
Semoga alek wak ko sukses

Sipangka alek karajo nan bapokok
DPP PKDP INDONESIA
YYSN SUMBAR TALENTA INDONESIA
DENGAN TIM KERJA YANG HEBAT
GEMUMI & MERANTAU.com😘😘😍😍

Supported by:
Bank BNI, MANDIRI, BRI, MDN, BLOK M SQUARE
SELURUH PENGURUS DPP PKDP DAN KETUA2 PKDP SE INDONESIA

“Kemon …kemon..sanak sudaro sado alahe, tautamo rang Piaman..jan sampai katinggalan, satolah sakaki..kito hoyak lai..balelang katan duyan wak", tulis Sastri penuh semangat.

(ede)
 
Top