PADANG -- Beragam wujud atensi umat Islam dari berbagai kalangan terhadap Yayasan Shine Al Falah terus mengalir beberapa waktu terakhir. 

Yayasan Shine Al Falah memiliki panti asuhan, lembaga pendidikan/pesantren, lembaga amil zakat, serta usaha pengembangan ekonomi  yayasan.

Salah satu usaha pengembangan ekonomi  Yayasan Shine Al Falah adalah usaha ternak itik petelur. Sekarang sedikitnya ada 1.000 itik petelur yang siap menetaskan telur.

Ketua Yayasan Shine Al  Falah, Syamsul Akmal, sangat mensyukuri curahan perhatian para dermawan terhadap yayasan yang ia pimpin. Setiap hari ada saja dermawan yang mengantarkan bantuan ke pondok pesantren Shine Al Falah, yang berlokasi persis di belakang kantor TVRI Sumbar. Bantuan yang diantar para aghniya' (orang kaya) dan muzakki (pembayar zakat) itu, berupa uang zakat, infaq dan sodaqoh

Selain mengantarkan bantuan berupa uang, para dermawan ada yang mengantar sembilan bahan pokok (sembako) seperti, beras, gula, kopi, susu, kue, roti, telur,  indomie serta bahan makanan lain.

Di sisi lain juga terlihat ada yang antar tikar, sarung, nasi bungkus serta gulai kambing.

"Alhamdulillah. Sungguh banyak nikmat  Allah datang menghampiri anak-anak miskin yang belajar di pondok ini," imbuh Syamsul yang dijumpai di kantor yayasan, baru-baru ini. 

Hal senada dirasakan pendiri sekaligus pembina Ponpes Shine Al Falah, Drs. Zulmasri. 

"Terasa sekali. Sekarang nikmat Allah sedang tercurahkan ke Pondok Pesantren Shine Al Falah," ulas Pak Zul, begitu ia akrab disapa. 

Dijelaskan, saat ini tercatat sebanyak 250 orang anak yang notabenenya berasal dari keluarga miskin. Selain ada anak anak yatim.

Sedangkan guru yang mengajar  berjumlah 60 orang dan rata rata berpendidikan S1 dan S2. 

LAZ Al Falah

Guna menghimpun dana umat agar bisa tersalurlkan dan tercatat dengan baik, sekarang di Ponpes Shine Al Falah sudah dibentuk Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al Falah.

Karena masih sangat baru, urai Syamsul Akmal, pengurus LAZ Al Falah akan terlebih dahulu dibekali pelatihan fiqih zakat. Sedianya, pelatihan dilaksanakan Sabtu 23 Maret 2019 mendatang di Ponpes Shine Al Falah. Sejumlah narasumber yang kapabel di bidangnya akan berbagi kiat tentang bagaimana teknik menyakinkan dan menghitung zakat, serta bgaimana pula cara mempertahankan silaturahim dengan muzakki.

(awk/ede)

 
Top