PEKANBARU -- Sebuah rumah mewah yang juga bersejarah di Jalan Sumatera, Kota Pekanbaru, Riau terbakar. Akibatnya ada puluhan kucing dan benda bersejarah di rumah tua yang hangus terbakar.

Rumah bersejarah milik Kety Purnama itu dilaporkan terbakar sekitar pukul 19.20 WIB. Wakil Ketua DPRD Riau, Agung Nugroho membenarkan insiden kebakaran tersebut.

"Kejadiannya sekitar 19.20 WIB, rumah ini rumah tua. Cukup banyak ya barang antik dan banyak yang menawarkan, harganya miliaran," kata Agung Nugroho yang rumahnya berada di sebelah rumah terbakar, Kamis (6/1/2021).

Agung menyebut kebakaran diduga kuat akibat korsleting listrik. Sebab warga di sekitar rumah sempat melihat percikan api di atap rumah sebelum akhirnya meluas.

"Dugaan sementara tadi karena korsleting listrik. Tadi memang kelihatan karena kami di sini, di atap depan ada percikan api ya," kata politisi Demokrat tersebut.

Akibat kebakaran tersebut, pemilik rumah sempat menangis histeris. Mereka tidak kuasa menahan tangis karena ada sekitar 20 ekor kucing anggora di rumah tersebut.

"Korban jiwa tak ada, tapi ada 20 kucing tadi di dalam. Makanya pemilik nangis-nangis karena ada kucing di dalam, ada yang sudah dikeluarkan dan lari," terang Agung.

Sementara itu, Ketua RT setempat, Evi Nurdin mengatakan banyak barang antik di rumah tersebut. Di mana rumah mewah milik alm Mustafa Yatim itu juga sempat dijadikan museum keluarga.

"Banyak barang antik, baju-baju melayu itu banyak. Makanya lama api mati di atas itu," kata Evi.

Evi mengakui rumah sempat jadi museum sejak 2 tahun terakhir. Namun sejak 4 bulan lalu bagian depan rumah disewakan untuk jadi cafe dan telah mulai beroperasi.

"Jadi cafe sudah 4 bulanlah. Tapi bagian depan saja, di belakang tetap anak pemilik rumah yang menempati. Semua selamat," katanya.

Akibat kebakaran, listrik di sekitar lokasi yang berjarak 100 meter dari Kajaksaan Tinggi dan kantor Gubernur Riau padam. Hingga saat ini petugas Damkar madih berusaha menjinakkan api yang menjalar sampai ke belakang rumah.

#dtc/bin



 
Top