PEKANBARU -- Shalat Jumat (Jumatan-red) perdana di Masjid Paripurna Agung Al Firdaus Bandar Raya Tenayan, Jumat (14/1/2022) berjalan lancar. Ribuan jemaah mengikuti shalat jumat untuk pertama kalinya di masjid dalam areal Perkantoran Pemerintah Kota Pekanbaru, Tenayan Raya.

Ketua MUI Kota Pekanbaru, Akbarizan menjadi khatib dalam shalat Jumat perdana di masjid tersebut. Wali Kota Pekanbaru, Dr. Firdaus, S.T, M.T juga ikut dalam shalat Jumat perdana ini.

Wali Kota mengaku bersyukur shalat Jumat perdana di masjid itu berjalan lancar. Setiap harinya para pegawai dan masyarakat sudah bisa memanfaatkan masjid itu untuk shalat berjamaah.

"Keberadaan masjid ini menambah masjid paripurna agung di Kota Pekanbaru. Sebelumnya sudah ada masjid paripurna agung yakni Masjid Ar Rahman di Jalan Jenderal Sudirman," ujarnya.

Masjid tersebut nantinya menjadi bagian Islamic Centre. Keberadaan masjid paripurna agung ini tidak hanya untuk beribadah.

Masjid tersebut juga menjadi lokasi pengembangan pendidikan agama bagi generasi muda. "Ada juga nanti berdiri lembaga pendidikan dari PAUD hingga SMP, jadi ada pendidikan Islam terpadu di kawasan Islamic Centre nantinya," ulasnya.

Masjid tersebut punya ukuran yang sangat besar sehingga bisa menampung jamaah hingga sepuluh ribu orang. Ia menyebut bahwa Islamic Centre nantinya juga bisa menjadi pusat ekonomi.

Wali Kota mengatakan bahwa masjid paripurna ini juga menjadi penggerak ekonomi produktif untuk menggeliatkan UMKM dan industri rumah tangga dalam upaya mengentaskan kemiskinan.

Ia pun mendorong pengelolaan masjid paripurna lebih mandiri. Ada di antara masjid paripurna sudah mandiri.

"Tapi ada juga yang masih mendapat dukungan pemerintah kota, maka kita bimbing perlahan agar bisa menjadi masjid paripurna yang lebih mandiri," jelasnya.

Kawasan Islamic Centre di Tenayan Raya juga menjadi lokasi pengembangan ilmu Quran. Ada kelompok tahfizh yang tergabung dalam Quran Centre. Keberadaan Quran Centre ini untuk menanamkan nilai Al Quran kepada anak-anak sejak dini dan bagi generasi muda.

Dirinya sudah mengukuhkan Pengurus Quran Centre Madani. Ia juga mengukuhkan para imam besar masjid paripurna di Kota Pekanbaru dan Forum Komunikasi Imam Masjid Paripurna Kota Pekanbaru. 

#rel/ede






 
Top