JAKARTA -- Seorang warga Krukut, Jakarta Barat (Jakbar) suspek COVID-19 varian Omicron. Lurah Krukut Tamansari, Ilham Nurkarin mengatakan yang bersangkutan sempat berkunjung ke Anyer dan Puncak, Bogor.

"Ada 1 warga pergi ke luar kota dan ada acara keluarga, dia sempat ke Anyer, sempat ke Puncak juga. Ternyata pas balik di-swab positif dan ketika dilakukan genome (sequencing), ternyata suspek Omicron, tapi transmisi lokal," ujar Lurah Krukut Tamansari, Ilham Nurkarin, saat dihubungi, Sabtu (8/1/2022).

Ilham mengatakan pihaknya kemudian melakukan tracing. Pada pemeriksaan awal, sebanyak 13 orang positif Corona dari tes antigen.

"Kalau kasus positif kita kan langsung tracing ya, karena pas dari kasus pertama jumlah pasien pertama itu kita tracing awalnya 13 orang dan dibawa ke Wisma Atlet," kata Ilham.

Ilham mengatakan, pihaknya kemudian melakukan tracing lanjutan. Hasil tracing itu ditemukan ditemukan 20 warga lainnya positif COVID-19.

"Kemudian hari berikutnya, kita tracing lanjutan secara door to door. Jumlahnya ternyata bertambah 20 orang. Jadi secara total ada 33 orang yang dibawa ke Wisma Atlet," jelasnya.

Total 36 Positif

Sementara itu, Dikes DKI Jakarta mengatakan total 36 orang ditemukan positif Corona dari tracing tersebut. Salah satunya adalah ibu hamil.

"Yang saya mengikuti sampai kemarin 36. Ada ibu hamil," kata Kabid P2P Dinkes DKI Dwi Oktavia saat dihubungi, Senin (10/1).

Adapun 36 orang yang positif Corona itu belum diketahui apakah suspek Omicron. Sampel masih diperiksa genome sequencing.

"Iya betul (whole genome sequencing)," katanya.

dtc/bin



 
Top