PADANG -- Guna memastikan pengunjung tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes), personel Ditpolairud Polda Sumbar menyambangi objek wisata pulau. Petugas memastikan di pintu masuk pulau sudah tersedia pemindai aplikasi peduli lindungi, dimana setiap pengunjung dipastikan sudah mendapatkan suntik vaksin.

Selain itu, petugas juga memberikan himbauan kepada pengunjung wisata pulau  untuk mematuhi prokes yang telah ditetapkan pemerintah. Dengan mematuhi prokes, diharapkan penularan omicron di tempat wisata pula dapat diminimalisir.

Raila, salah seorang wisatawan asal Propinsi Riau kepada staf Bidhumas Polda Sumbar yang mewawancarainya, mengatakan, ia bersama rekan satu kampusnya sengaja datang ke Sumbar guna menikmati indahnya wisata pulau. Pasirnya yang putih membuat setiap pengunjung dipastikan ingin berenang di pantai.

“Kami baru pertama kali ke Sumbar, sengaja kami tuju lokasi wisata pulau ini,” ujarnya Senin (31/1/2022). Namun meski sedang menikmati tempat wisata ia tetap mematuhi prokes dalam upaya menekan angka penyebaran Covid 19 di Sumbar.

Sementara itu, Direktur Polisi Air dan Udara (Polairud) Polda Sumbar Kombes Pol. Sahat Hasibuan melalui Dantim Pencegahan Aiptu Rionaldi menyatakan bahwa pihaknya terus melakukan pengawasan sebagai upaya pencegahan makin maraknya penyebaran varian baru omicron di Sumbar dengan menerapkan protokol kesehatan serta memberikan masker kepada pengujung .

Terkait masuknya virus baru Covid-19 varian omicron ke Sumbar, Satpol Airud Polda Sumbar tetap akan melakukan pengawasan dan antisipasi agar penyebarannya dapat ditekan. "Salah satunya lokasi wisata Pulau Sirandah ini,” papar Aiptu Rionaldi.

Selain itu petugas juga mewanti-wanti pengelola wisata pulau, dapat menjaga prokes setiap pengujung, mengingat wisata pulau saat ini sudah mulai mengeliat tingkat kunjungannya. Sebelumnya akibat dampak Covid-19, objek wisata pulau  sempat lumpuh bahkan ditutup pemerintah saat diberlakukan PPKM dan lockdown di Kota Padang beberapa waktu lalu.

#rel/red





 
Top