PALEMBANG -- Tiga pasien yang positif terjangkit virus corona di Sumatera Selatan dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan di ruang isolasi.

Tiga pasien tersebut yakni, pasien 012 seorang perempuan asal Kota Palembang.

Kemudian, pasien 04 berusia 55 tahun, warga Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Selain itu, pasien yang sembuh lainnya adalah seorang laki-laki asal Jakarta.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Selatan Yusri mengatakan, ketiga pasien tersebut dinyatakan sembuh setelah menjalani serangkaian pemeriksaan laboratorium dan swab.

Hasilnya, mereka saat ini sudah dinyatakan negatif virus corona.

"Karena kondisinya sudah sehat dan normal, ketiga pasien tersebut sudah diizinkan pulang bertemu keluarga. Saat ini jumlah pasien positif ada 18 orang, 2 meninggal dan 3 dinyatakan sembuh," kata Yusri saat dikonfirmasi, Minggu (12/4/2020).

Yusri menerangkan, ada perbedaan data antara Gugus Tugas Nasional dan Gugus Tugas Sumatera Selatan untuk jumlah pasien sembuh.

Data di Gugus Tugas Nasional menyebut ada 4 pasien yang sembuh di Sumsel.

"Kami umumkan 3 sembuh, karena 1 orang ini belum diperbolehkan pulang. Tapi hasil lab-nya memang sudah diterima. Kemungkinan besok pasien yang satu ini diperbolehkan pulang," ujar Yusri.

Sementara itu, Humas Rumah Sakit Muhammad Hoesin (RSMH) Palembang Ahmad Suhaimi menambahkan, 1 pasien asal Jakarta menjalani perawatan di ruang isolasi selama 14 hari.

Menurut Suhaimi, meskipun telah dinyatakan sehat, ia tetap harus menjalani isolasi mandiri di rumah selama 14 hari setelah pulang dari rumah sakit.

"Memang setelah 7 hari perawatan, pasien diwajibkan menjalani uji swab setelah dirawat selama tujuh hari. Hasilnya juga sudah negatif," kata dia.

Sumber: kompas.com
 
Top