JAKARTA -- Briptu Irwan Lombu dikeroyok sejumlah pemuda saat mencoba membubarkan balapan liar di Pondok Indah, Jakarta Selatan. Enam pelaku ditangkap Polres Metro Jakarta Selatan.

Peristiwa pengeroyokan terjadi pada Selasa (7/12/2021) sekitar pukul 03.30 WIB. Pengeroyokan Irwan sempat terekam video amatir.

Dalam rekaman video, terlihat Irwan yang memakai seragam dinas dipegangi beberapa pelaku. Pelaku memegangi Briptu Irwan sambil mencengkeram seragamnya.

"Udah, jangan lari lu," ujar seseorang.

Seseorang lalu menyuruh temannya membawanya ke dalam mobil. Irwan lalu menjelaskan di dalam mobilnya ada istri dan anaknya.

"Itu anak-istri saya," kata Irwan.

"Elu jangan ngomong aja, gue hantem lu," ujar seorang pelaku berkaus warna hitam sambil memegang seragam Irwan.

Seorang perempuan diduga ibunda Irwan kemudian mendekat. Dia meminta tolong agar para pelaku tidak mengeroyok korban.

"Mas... Mas... tolong anak saya. Ayo, kita pulang," ujar perempuan itu sambil mencoba membantu Irwan yang bersimpuh di aspal.

"Lepas aja seragam lu, gadungan... gadungan...," kata seorang pelaku.

"Maaf, jangan dibilang gadungan," katanya.

Dalam keadaan dikeroyok, Irwan mengatakan dirinya adalah polisi. Seorang pelaku kemudian memintanya melepas seragamnya.

"Saya polisi... saya polisi...," kata Irwan dengan suara serak.

Dikeroyok Saat Bubarkan Balap Liar

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan mengatakan Briptu Irwan dikeroyok saat hendak membubarkan balapan liar. Irwan, yang saat itu bersama keluarganya naik mobil, terhambat karena ada balapan liar di depannya.

"Korban, yang mengendarai kendaraan roda empat, tidak bisa melajukan kendaraan dikarenakan kendaraan terhalang sekelompok orang tidak dikenal yang sedang memberhentikan semua kendaraan dari bundaran Pondok Indah menuju ke arah Permata Hijau," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan kepada wartawan, Selasa (7/12/2021).

Korban lalu turun dari mobil. Ia kemudian berinisiatif mengambil kunci motor salah satu peserta balap liar.

"Korban berinisiatif mengambil salah satu kunci motor untuk membubarkan balap liar, namun sekelompok orang tidak dikenal tersebut melakukan penyerangan terhadap korban dengan meneriaki korban polisi gadungan," ujar Zulpan.

Zulpan memastikan Briptu Irwan merupakan anggota Polri. Briptu Irwan bertugas di Sabhara Polres Tangerang Selatan.

"Bahwa memang benar korban adalah anggota Polri. Namun sekelompok orang tidak dikenal tersebut tetap melakukan penganiayaan," jelas Zulpan.

6 Pelaku Ditangkap

Kapolres Metro Jaksel Kombes Azis Andriansyah mengatakan pihaknya telah menangkap enam pelaku. Saat ini para pelaku masih diperiksa intensif.

"Enam pelaku sudah ditangkap," kata Azis saat dihubungi, Rabu (8/12/2021).

#dtc/bin




 
Top