PADANG -- Sejumlah anggota DPRD Sumbar mengeluhkan pekerjaan proyek dikuasai orang-orang ring 1 Gubernur Sumbar.

Keluhan itu disampaikan saat Rapat Paripurna DPRD Sumbar, Senin (27/12/2021) di Gedung DPRD Sumbar, Padang, langsung kepada Gubernur Mahyeldi.

"Pak Gubernur saya menyampaikan aspirasi dan ini sejak saya 3 periode menjadi anggota dewan, baru kali ini terjadi. Proyek-proyek di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dikuasai oleh orang-orang ring 1," ungkap anggota DPRD dari Fraksi Demokrat, Nofrizon, Senin kemarin.

Nofrizon mencontohkan proyek fisik di SMK 1 Bukittinggi, SMK 1 Baso, pengadaan mesin jahit, pengadaan sapi dan masih banyak lagi.

Proyek-proyek itu, kata Nofrizon, bermasalah karena ada yang tidak selesai, diputus kontrak dan barang tidak sesuai spek.

Nofrizon meminta agar Gubernur Sumbar Mahyeldi turun tangan supaya kejadian tersebut tidak merugikan masyarakat Sumbar karena bisa menghambat pembangunan.

Menurut Nofrizon, orang yang mengaku ring 1 gubernur itu merupakan orang di luar pemerintahan, namun sudah berani mengintervensi OPD.

"Kalau dulu rekanan takut pada OPD, tapi sekarang rekanan sangat berani karena dia mengaku ring 1 itu," jelas Nofrizon.

Sementara, anggota DPRD Sumbar lainnya, Muchlis Yusuf Abit juga meminta Gubernur Sumbar turun tangan menyelesaikan persoalan proyek sapi di Dinas Peternakan yang bermasalah.

"Masak sapi yang diberikan kepada masyarakat itu kurus-kurus? Ini ada apa?," kata Muchlis yang merupakan Ketua Komisi V DPRD Sumbar itu.

Politisi Gerindra itu meminta agar gubernur melakukan evaluasi terhadap kinerja OPD sehingga proyek-proyek yang dilaksanakan tidak merugikan masyarakat.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Sumbar Irsyad Syafar mengakui sudah mendengar adanya persoalan tersebut.

Banyak proyek-proyek yang terkendala karena adanya persoalan-persoalan di lapangan.

"Memang ada, itu kan bisa dievaluasi," jelas kader PKS tersebut.

Tanggapan Gubernur Sumbar

Sementara itu Gubernur Sumbar Mahyeldi mengatakan pihaknya siap menerima laporan dari berbagai pihak kalau ada persoalan yang tidak beres di lingkungan OPD.

"Silakan laporkan. Nanti kan bisa kita evaluasi?," kata Mahyeldi.

Mengenai orang-orang ring 1 yang berada di lingkungan OPD, Mahyeldi mengaku tidak mengetahuinya.

"Siapa itu, saya tidak tahu. Silahkan tanya ke yang bersangkutan," jelas Mahyeldi.

#kpc/bin




 
Top