PADANG – Kantor Imigrasi Kelas I TPI (Kanim) Padang menjadi perwakilan dari 11 Satuan Kerja (Satker) di Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Menkumham Sumbar) yang menjadi sample Verifikasi Lapangan Tim Penilai Nasional (Verlap TPN) untuk meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) Wilayah dan Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). 

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil Kemenkumham) Sumbar R Andika Dwi Prasetya turut mendampingi kunjungan tim Verlap TPN ke Kanim Kelas I TPI Padang, Selasa (7/12/2021). 

Diketahui, kegiatan Verlap ini terlaksana dalam rangka evaluasi pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan WBBM.

Kehadiran Tim TPN disambut dengan pengalungan “salempang” khas Minangkabau oleh Kakanwil dan tarian selamat datang, yakni “Tari Pasambahan” yang dibawakan oleh pegawai Kanim Padang. Selanjutnya, penyajian yel-yel oleh tim ZI Kanim Padang yang dipimpin oleh Kepala Kanim Padang, Napis, dilakukan dengan kompak dan semangat.

Kegiatan kemudian dilanjutkan paparan oleh Kepala Kanim Padang yang menyampaikan berbagai inovasi sebagai bentuk perubahan layanan agar semakin prima dalam melayani masyarakat.


Beberapa inovasi unggulan yang dipaparkan diantaranya adalah Ruang Layanan Ramah HAM yang diperuntukkan bagi para lansia, penyandang disabilitas, dan balita yang membutuhkan pelayanan keimigrasian. 

Selain itu diperkenalkan berbagai inovasi pelayanan informasi publik yang dilakukan Kanim Padang, diantaranya melalui media Website “PUKEK”, Podcast “Maota Disiko”, dan Majalah “Imigrasi Rancak” yang telah tercatat dalam ISSN. 

Setelah paparan, Tim TPN melakukan pengecekan sarana dan prasarana ruang pelayanan publik serta sarana pendukung layanan lainnya  pada Kanim Padang. 

Di akhir kunjungannya, Tim TPN beserta Kakanwil serta Kakanim berbincang santai mengenai inovasi layanan yang telah dilaksanakan oleh Kanim Padang. 

#rel/sz2



 
Top