JOMBANG, JATIM -- Dua siswa SD menjalani perawatan intensif di RSUD Jombang setelah mengikuti vaksinasi COVID-19. Siswa pertama menderita demam dan muncul ruam-ruam merah di badan, sedangkan siswa kedua panas tinggi dan kejang.

Direktur RSUD Jombang dr Pudji Umbaran mengatakan, Zyugra Idzihar Tsalasah (9) dirawat sejak Jumat (31/12/2021) siang. Zyugra merupakan teman sekelas Naura Sabrina Galiyah (9), siswi kelas 4 SDN Catakgayam 1 yang meninggal dunia setelah vaksinasi COVID-19.

Zyugra adalah anak ketiga dari 4 bersaudara pasangan Moh Masruri dan Zulaikhah. Keluarga ini tinggal di Jalan Gelora 2, Desa Catakgayam, Kecamatan Mojowarno, Jombang.

"(Kondisi Zyugra saat masuk RSUD Jombang) keluhannya sama (dengan Naura), panas dan ruam-ruam merah," kata dr Pudji kepada wartawan, Minggu (2/1/2022).

Selain itu, RSUD Jombang juga merawat Mochammad Farel (6 tahun 11 bulan), siswa kelas 2 SDN Grobogan 2, Kecamatan Mojowarno sejak Kamis (30/12) siang. Putra pasangan Purnomo dan Linda, warga Desa Grobogan itu menderita demam dan kejang.

"Yang satu (Farel) dirujuk (ke RSUD Jombang) karena panas dan kejang," ungkap dr Pudji.

Ia menjelaskan, saat ini kondisi Zyugra dan Farel sudah membaik. Pihaknya selalu berkonsultasi dengan RSU dr Soetomo, Surabaya dalam merawat dua siswa SD tersebut. Karena apa yang dialami Zyugra dan Farel diduga kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI).

"Walaupun kami juga punya ahli, kami harus konsultasi dengan ahli yang di Soetomo, Surabaya juga. Karena kalau dilihat dari rentang waktu, dugaan bahwa itu KIPI masih ada. Tapi apakah terkait dengan vaksin atau tidak, masih harus ada kajian," jelas dr Pudji.

Kepala Puskesmas Mojowarno Ainun Zubaidah menuturkan, Zyugra disuntik vaksin Sinovac dosis pertama di SDN Catakgayam 1 pada Rabu (22/12/2021) sekitar pukul 10.00 WIB. Pihaknya merujuk Zyugra ke RSUD Jombang pada Jumat (31/12/2021) karena panas dan ruam-ruam merah di badannya. Saat itu, total 140 siswa sekolah tersebut yang divaksin.

"Yang di SDN Catakgayam 140 siswa, yang ada keluhan 2 siswa (Naura dan Zyugra), yang lain sehat," cetusnya.

#dtc/bin




 
Top