PADANG -- Pasien positif coronavirus disease 2019 atau Covid-19 di Provinsi Sumatera Barat kembali bertambah. Hari ini, bertambah 3 orang, satu di Bukittinggi, dua lainnya di Padang. Jika kemarin masih 19 orang, hari yang dinyatakan positif menjadi 23 orang. 

Demikian update data positif Covid-19 di Sumbar (Selasa, 7 April 2020, pukul 14.45 WIB-red) seperti disampaikan Kepala Biro Humas Pemprov Sumbar Jasman Rizal dalam pers relis yang ia bagikan di group Whats'App (WA) Warga Berita Online (WAG divisi Siber Forum Eksekutif Media/FEM-red), Selasa (27/4/2020) sore.

Tiga orang yang dinyatakan positif Covid-19 tersebut, urai Jasman Rizal, yakni seorang wanita berusia 26 tahun di Bukittinggi. Ia adalah istri dari pasien pertama positif Rumah Sakit Achmad Muchtar (RSAM) Bukittinggi yang terpapar saat di Malaysia. Seperti halnya sang suami, wanita ini juga dirawat di RSAM. 

Diinformasikan juga bahwa sang suami  saat ini telah mulai membaik dan berdasarkan hasil swab pertama dinyatakan negatif. Namun untuk memastikannya, diperlukan pemeriksaan swab sekali lagi. Jika negatif, maka yang bersangkutan bisa keluar rumah sakit dan atau sesuai anjuran dokter.

Sementara dua orang lagi dari Padang. Satu orang pria usia 38 tahun dan satu lainnya seorang wanita usia 22 tahun. Mereka ketahuan positif Covid-19 setelah dilakukan test swab secara mandiri. Kondisi mereka berdua tidak menunjukkan gejala sama sekali. Saat ini mereka berdua masih Isolasi Mandiri. 

Lebih lanjut dirinci bahwa total Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Provinsi Sumbar hari ini berjumlah 3.873 orang, sebanyak 1.686 orang masih dalam pemantauan dan 2.187 lainnya telah selesai pemantauan.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) bejumlah 91 orang, terdiri dari 21 orang yang masih dirawat, 63 orang dinyatakan negatif, 7 orang isolasi mandiri di rumah dan 21 orang Terkonfirmasi Positif.

Ihwal kondisi PDP di sejumlah rumah sakit di Sumbar, Jasman Rizal merinci bahwa RSAM Bukittinggi merawat 7 pasien positif. Satu di antaranya sembuh, 2 menjalani Isolasi Mandiri dan 4 lainnya dalam perawatan. 

Sebanyak 4 PDP di RS drm M Djamil Padang dinformasikan belum ada yang sembuh dan masih dalam perawatan. Sementara di Semen Padang hospital, juga belum ada yang dinyatakan sembuh, satu dalam perawatan dan meninggal dunia satu orang. 

Kemudian, di RSUD Pariaman, PDP dinyatakan positif baru satu orang dan saat ini tengah menjalani Isolasi Mandiri.

Total positif Covid-19 menjalani Isolasi Mandiri hingga hari ini berjumlah 10 orang, 7 di antaranya bukan merupakan pasien salah satu rumah sakit. 

"Melihat perkembangan pasien di M Jamil dan RSAM dari hari ke hari, kondisi pasien dikhabarkan membaik. Untuk itu kita ucapkan terima kasih kepada tim kesehatan yang tak kenal lelah berjuang demi kesembuhan saudara kita yang terpapar Covid-19," ungkap Jasman Rizal atas nama Pemrov Sumbar, di akhir pers relisnya.

(rel/oel)
 
Top