MENTAWAI, SUMBAR – Kesadaran masyarakat ikut terlibat dalam memerangi penyebaran Corona Virus Disease (Covid19) sangat membantu pemerintah dalam memutus mata rantai virus corona di wilayah Kepulauan Mentawai.

"Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini, harus melibatkan kesadaran masyarakat, karena program pemerintah dalam mencegah virus corona tak akan berjalan dengan baik tanpa melibatkan masyarakat,” kata Sekretaris Komisi II DPRD Mentawai Bruno Guimek di Tuapejat, Sabtu (4/4/2020).

Ia menyebutkan, pandemi virus corona ini merupakan wabah penyakit yang sangat luar biasa, tidak hanya terjadi di tingkat daerah atupun nasional, bahkan dunia. Hal ini menjadi perhatian bersama dalam mencegah penyebaran virus corona di tengah masyarakat.

“Hingga saat ini puji syukur, di Mentawai belum ada masyarakat kita yang terpapar virus corona. Namun perlu dilakukan antisipasi sejak dini dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat ” ucap Bruno.

Meski demikian, kata Politisi Partai Nasdem ini, perlu langkah-langkah serta kebijakan tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Pemkab Mentawai untuk memberikan pemahaman dan kesadaran masyarakat dalam memerangi virus corona ini.

Untuk memberikan kesadaran masayarakat soal pencegahan virus corona ini setidaknya masyarakat harus menjaga prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), social distancing, physical distancing (menjaga jarak satu meter), menyiapkan Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas serta menyiapkan masker dan berjemur setiap pagi, tuturnya.

Ia mengingatkan, sehebat apapun upaya pemerintah memerangi penyebaran wabah virus corona, jika tidak disertai kesadaran, disiplin dalam mentaati imbauan serta maklumat dan menjauhi yang telah dilarang upaya tersebut akan sia-sia.

“Memerangi wabah virus corona ini yang paling utama itu kesadaran masyarakat,” tegas Bruno.

Kalau ini sudah dilakukan, selanjutnya pemerintah sebagai pelaksana yang bertanggung jawab dalam memerangi wabah virus corona akan membuahkan hasil, apalagi persoalan ini kebijakan nasional bahkan internasional melalui Organisasi kesehatan dunia atau WHO.

"Diharapkan tumbuh kesadaran dari masyarakat untuk bersama-sama mencegah penyebaran virus corona yang merebak di berbagai daerah khususnya di kepualuan mentawai dan juga segera berlalu wabah virus corona ini," tutupnya.

(ers/ede)
 
Top