LIMAPULUH KOTA, SUMBAR -- Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno meninjau Posko Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di perbatasan Provinsi Sumbar-Riau, Tanjung Balik Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (3/4/2020).  

Irwan Prayitno mengklaim bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar terus berupaya menekan penyebaran coronavirus disease 2019 (Covid-19). Di antaranya dengan melakukan pemeriksaan terhadap orang yang masuk di batas Provinsi Sumbar dengan Provinsi Riau.

Posko pemeriksaan lintas Provinsi Sumbar dan provinsi tetangga disiagakan, dijaga oleh petugas pemeriksaan kesehatan, personil Satpol PP, BPBD dan instansi terkait.

Gubernur Irwan Prayitno menyatakan bahwa proteksi ketat di wilayah perbatasan menjadi salah satu upaya untuk menyetop penyebaran Covid-19. Semua kendaraan yang melintas wajib berhenti untuk diperiksa, penumpang dan supirnya, termasuk masyarakat yang melintas batas provinsi tersebut, wajib dicek kesehatannya oleh aparat gabungan.

"Tim personil yang ditempatkan di wilayah perbatasan membedakan sesuai dengan kategori yang dialami pengunjung, dengan tujuan memastikan para pendatang tidak terkontaminasi dengan Corona," jelasnya.

Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan meliputi pengecekan suhu badan serta pengecekan kesehatan ringan lainnya, dan juga penyemprotan disinfektan dan dilanjutkan dengan mengisi formulir data yang telah disediakan oleh petugas.

(rel/ede)
 
Top