MENTAWAI, SUMBAR -- Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet langsung turun ke lapangan mengecek seorang warganya terkonfirmasi positif virus Covid-19 di Kecamatan Siberut Selatan, Minggu (21/6/2020). 

Kabar ihwal warganya yang merupakan pegawai vertikal di Siberut Selatan  positif Covid-19 diperoleh Bupati Yudas dari Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno. Kabar tersebut sempat bikin gempar, mengingat ini kasus positif Covid-19 dari warga setempat. 

Begitu dikabari gubernur, bupati langsung turun ke Kecamatan Siberut Selatan dengan didampingi camat dan muspika setempat. 

Setelah pegawai vertikal positif Covid-19 tersebut diisolasi, Bupati Yudas memerintahkan jajaran terkait agar segera mengambil langkah-langkah antisipatif guna mendeteksi kemungkinan penularan virus kepada pihak-pihak yang ada kontak langsung dengan warga positif Covid-19 di Kecamatan Siberut Selatan tadi melalui upaya tracing, rapid test dan swap test.  

Selanjutnya, kepada segenap muspika, bupati menegaskan supaya memperketat pengawasan dan penjagaan terhadap orang yang masuk di Kepulauan Mentawai, khususnya wiayah Siberut.

"Ini contoh kalau tidak mengikuti instruksi kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah daerah," ungkap bupati yang tak kuasa menyembunyikan rasa cemas lantaran selama ini kawasan Siberut dan Sikakap adalah zona hijau. "Jangan sampai zona hijau ini menjadi zona merah," tegasnya.

Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet juga mengingatkan bahwa pada masa new normal ini akan banyak transaksi dan pengunjung yang datang ke Kabupaten Kepulauan Mentawai. "Kita harus siap dan siaga," pungkasnya. 

(oel/ede)
 
Top