MENTAWAI, SUMBAR - Wakil Ketua DPRD Mentawai, Isar Taileleu mengatakan menuju era baru atau new normal perlu adanya persiapan yang matang sesuai aturan yang berlaku saat ini.

Menurutnya, transisi menuju new normal ini merupakan keputusan mutlak, dimana selama itu Pemerintah Daerah Mentawai melakukan sosialisasi terhadap warga masyarakat sehingga mereka tahu apa itu Era baru .

"Sebentar lagi kita akan menuju era baru dan aturan dilonggarakan, namun prinsipnya tetap mengacu kepada protokol kesehatan" ucap Isar kepada awak media, Jumat (19/6/2020).

Ia menyebut, menuju era new normal Pemkab Mentawai sangat perlu melakukan persiapan matang, sehingga pada pelaksanaan, masyarakat tidak terkejut serta memahami apa itu tatanan baru normal produktif aman Covid-19.

Tekait hal ini, katanya, pemerintah daerah musti intens mensosialisasikan Peraturan Bupati No. 30 tahun 2020 hingga ke pelosok desa, sehingga pada saat masyarakat menjalani masa new normal sudah terbiasa.

"Intinya kita akan pantau tim gugus tugas sejauh mana sosialisasi yang dilakukan kepada masyarakat dan kita juga ikut ambil bagian menyampaikan kepada masyarakat," tuturnya.

Dikatakan, sosialisasi ini sama halnya seperti memberikan bantuan, apakah masyarakat sudah menerima semuanya, sementara pelaksanaan new normal sebentar lagi akan dilaksanakan.

Isar juga mengingatkan pemerintah daerah soal penggunaan anggaran yang cukup besar dalam penanganan Covid-19 di Mentawai. Apakah sudah terealisasi hingga ke masyarakat?

"Kita di lembaga DPRD Mentawai akan memantau dan juga mengawasi penggunaan anggaran Covid-19 yang dikelola Pemkab Mentawai," terangnya.

(ers)
 
Top