SEMARANG -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan dan menitip pesan kepada semua kepala daerah tak menahan-nahan pencairan anggaran yang berkaitan dengan kesehatan di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Semakin banyak uang beredar di masyarakat maka itu makin baik.

"Saya titip kepada gubernur bupati wali kota agar anggaran-anggaran berkaitan dengan kesehatan segera dikeluarkan, karena ini menyangkut peredaran uang di masyarakat," kata presiden di Semarang, Selasa (30/6/2020), dalam lawatannya ke Provinsi Jawa Tengah.

Selain itu, presiden berpesan agar anggaran terkait belanja bantuan sosial (bansos) segera disalurkan. Tidak ditahan-tahan. Ini penting agar perlindungan sosial bagi warga terdampak corona dapat terpenuhi.

"Ketiga, terkait dengan stimulus ekonomi, terutama untuk usaha mikro, usaha kecil ini betul-betul provinsi, kabupaten, kota, melihat lapangannya, anggaran untuk ini siapkan, pemerintah pusat siapkan, pemprov siapkan, pemkab siapkan, pemkot siapkan, jadi berlapis-lapis seperti ini sehingga tidak ada semua yang tercecer," tukasnya.

"Tiga hal ini segera keluarkan dari APBD kita agar peredaran uang di masyarakat makin besar," pungkasnya.

(abp/oel)
 
Top