f: dok.merdeka
PEKANBARU -- Ratusan karyawan bank BUMN di Pekanbaru, Riau, terpaksa menjalani test swab setelah salah seorang rekan mereka, DH (46), terkonfirmasi positif Covid-19 di Batam. Selain test swab seluruh karyawan, Dinas Kesehatan Provinsi Riau bersama tim gugus tugas setempat langsung melakukan tracing.

Kepala Dinkes Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, menjawab konfirmasi awak media, Kamis (18/6/2020), membenarkan bahwa seorang karyawan Bank BUMN di Pekanbaru positif virus corona saat di Batam, Kepulauan Riau. Karena itu, Gugus Tugas Riau langsung melakukan tracing dan swab terhadap ratusan rekan sekantor DH.

Menurut Mimi, ada sekitar seratus orang lebih yang sudah menjalani swab di kantor pasien DH tersebut. DH dinyatakan positif Covid-19 saat berada di Batam. Sebelumnya pasien tersebut izin cuti ke Batam.

Sebelum terkonfirmasi positif di Batam, DH sempat melakukan rapid test mandiri di Pekanbaru, hasilnya reaktif. Saat mau diisolasi dan swab, pasien tersebut meminta untuk isolasi mandiri.

Namun ternyata ia nekat kabur dari Pekanbaru menuju Batam. Mimi mengatakan, DH pergi diam-diam ke Batam. "Tidak diketahui dia menggunakan akses apa. Sampai di Batam, dia menjalani swab oleh petugas di sana dan hasilnya positif Covid-19," beber Mimi.

Sementara itu, total pasien positif di Riau berjumlah sebanyak 128 orang. Dari jumlah itu, 10 orang masih dalam perawatan, 112 sudah dinyatakan sehat dan pulang, serta 6 orang meninggal dunia.

Sedangkan untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang masih dirawat saat ini berjumlah 66 pasien, PDP negatif covid-19 dan dipulangkan ada 1.438 orang, dan PDP meninggal dunia sebanyak 172 orang.

Selain itu, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) dalam pemantauan berjumlah 3.666 orang dan ODP sudah selesai pemantauan berjumlah 70.775 orang. 

(mdk/oel)

 
Top