MENETAP di negara atau daerah yang beriklim tropis, membuat pemilihan desain rumah memerlukan perhatian lebih. Hal ini guna memastikan rumah tropis yang Anda miliki tak hanya hanya mampu beradaptasi dengan cuaca dan juga iklim, namun juga tetap nyaman dihuni dan estetis dari segi tampilan.

Hal ini membuat desain rumah tropis modern tak pernah sepi peminat, khususnya untuk negara-negara beriklim tropis seperti Indonesia. 

Selain nyaman, rumah tropis modern juga umumnya memiliki tampilan yang cukup bisa diterima di lingkungan Indonesia dan juga negara-negara beriklim tropis lainnya.

Menghadirkan rumah tropis modern tak hanya mampu memastikan kenyamanan dan daya tahan bangunan terhadap iklim tropis, tetapi terbukti juga bisa tetap terlihat estetis dan menarik, bukan?

Selain bangunan rumah tropis modern, pastikan juga interior dari rumah tropis modern dilengkapi berbagai furnitur dan perabot dengan material yang juga bersahabat dengan iklim tropis.

Berikut 7 inspirasi rumah tropis modern dari berbagai belahan dunia yang juga pas untuk diimplementasikan di Indonesia.

Rumah Tropis Modern The Sun House di Singapura – Guz Architect


Singapura adalah salah satu negara beriklim tropis yang bertetangga dengan Indonesia. Tak heran banyak rumah tropis modern ditemui di negara ini. Salah satunya The Sun House karya Guz Architects.

Konsep terbuka dan penggunaan kisi-kisi kayu membuat rumah tropis modern ini memiliki tampilan yang tetap elegan dibalik nuansa tropis yang dimilikinya.

Rumah Tropis Modern Bartlett Residence di Costa Rica – SARCO Architects


Desain rumah tropis modern pertama adalah karya dari SARCO Architects yang berada di Costa Rica. Tak hanya beradaptasi dengan iklim, struktur dan lansekap dari rumah tropis satu ini juga bersimbiosis baik dengan arsitektur lanskap asli lingkungan. Atap jengki pada rumah tropis ini membantu pembuangan air hujan yang lebih baik.

Villa Kontemporer di Bali –  Word of Mouth Architectur


Villa kontemporer karya Word of Mouth Architecture merupakan salah satu Villa di Bali yang mengadaptasi konsep rumah tropis modern. Hal ini bisa dilihat dengan bukaan-bukaan ruangan yang maksimal untuk menangkap cahaya dan sirkulasi udara serta kantilever yang lebar untuk meneduhkan bangunan. 

Didominasi warna putih, rumah tropis ini membantu berbagai tanaman pelengkap dan peneduh menjadi lebih menonjol dan terlihat menarik.

Villa Mia di Koh Samui, Thailand
Rumah Tropis Modern Villa 


Arsitektur Bali memang terkenal akan gaya tropisnya. Hal ini juga membuat Villa Mia yang berada di Koh Samui, Thailand menerapkan elemen Tropis dari arsitektur Bali pada rumah tropis modern satu ini. 

Pendopo dan juga halaman pada bagian tengah komplek rumah membuat sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik pada setiap ruang yang ada pada rumah tropis modern satu ini.

Villa Tropis Modern di Paraty, Brazil


Beralih ke Brazil, Anda bisa mengintip sebuah Villa modern yang berada di pinggir pantai dengan konsep rumah tropis modern. Terdiri dari dua gubahan masa yang bertumpuk, rumah tropis modern ini tampil sederhana namun tetap bisa melindungi ruang dalam rumah dengan kantilever peneduh yang berukuran cukup lebar.

Rumah Tropis Modern MC1 House di Costa Rica – Robles Arquitectos


MC1 House adalah rumah tropis modern yang juga mengusung konsep daur ulang karya Robles Arquitectos di Costa Rica. Tampil lebih terbuka dengan perpaduan material-material yang umum terdapat pada gaya industrial tak membuat rumah ini kehilangan esensi tropisnya. Dengan pengaturan sirkulasi cross yang baik, MC1 House menjamin kenyamanan aktivitas didalamnya.

The Tangga House di Singapura –  Guz Architects


Rumah tropis modern selanjutnya yang bisa Anda jumpai di Singapura adalah The Tangga House yang juga merupakan karya dari Guz Architects. 

Rumah tropis modern ini hadir dengan bukaan yang maksimal, namun katilever yang lebar untuk meneduhkan ruang di dalamnya. 

Ditambah penempatan kebun vegetasi pada bagian atap juga membantu rumah tetap terasa sejuk di tengah teriknya iklim tropis.

Referensi: decoruma





 
Top