f: dok.antara
JAKARTA -- Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menggelar pemeriksaan tes cepat (rapid test) dan tes swab (tes usap) gratis di area car free day atau CFD untuk mencegah penyebaran virus corona, bertempat di sekitar area Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (21/6/2020). 

Kegiatan ini mendapat respons cukup baik dari masyarakat, rata-rata mengaku senang karena ada pemeriksaan gratis. Lain halnya jika pemeriksaan serupa dilakukan pihak swasta, masyarakat bisa merogoh kocek hingga ratusan ribu rupiah. Melalui kegiatan ini masyarakat juga bisa mengetahui apakah terpapar virus corona atau tidak.

Kapusdokkes Polri Brigjen Pol. Rusdianto, kepada awak media di lokasi kegiatan, menjelaskan, pogram pemeriksaan Covid-19 gratis ini merupakan bagian dari peringatan Hari Bhayangkara Polri ke-74 tahun. Dalam kegiatan yang dilaksanakan di seluruh Indonesia ini Polri menyediakan 1.000 kit perangkat rapid test untuk warga. 

Tentang teknis kegiatan, urai Rusdi, mayarakat yang bersedia mengikuti uji cepat mengambil nomor antrean untuk mengisi formulir identitas diri. Selanjutnya mereka menunggu panggilan untuk dilakukan pemeriksaan rapid test. Jika ditemukan ada yang reaktif maka langsung dilakukan tes swab oleh tim dokter Polri.

(bin/oel)
 
Top