JAKARTA -- Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara ditunjuk sebagai Komisaris Utama PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG. Penunjukan Rudiantara dilakukan pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2020 di Jakarta, Jumat (19/6/2020).

Direktur Pemasaran dan Supply Chain Semen Indonesia Adi Munandir mengatakan pergantian posisi komisaris utama menjadi salah satu agenda dalam RUPST 2020.

"Rapat juga menyetujui pengunduran diri bapak Soekarwo sebagai komisaris utama. Selanjutnya, rapat mengangkat bapak Rudiantara sebagai komisaris utama," ujar Adi usai RUPST di Jakarta, Jumat (19/6/2020).

Adi menyampaikan RUPST juga menyetujui penetapan laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk (laba bersih) tahun 2019 sebesar Rp 2,39 triliun yang diperuntukkan dividen sebesar 10 persen atau Rp 239,22 miliar dan sisanya sebesar 90 persen atau Rp 2,15 triliun ditetapkan sebagai cadangan lainnya.

Adi mengatakan RUPST juga menyetujui lporan tahunan Perseroan Tahun Buku 2019, termasuk Laporan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris Tahun Buku 2019, dan pengesahan Laporan Keuangan Perseroan Tahun Buku 2019, sekaligus pemberian pelunasan dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya kepada Direksi dan Dewan Komisaris atas tindakan pengurusan dan pengawasan Perseroan yang telah dijalankan selama Tahun Buku 2019.

Selain itu, kata Adi, juga menyetujui laporan tahunan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Tahun Buku 2019, sekaligus pemberian pelunasan dan pembebasan tanggung jawab kepada Direksi dan Dewan Komisaris atas tindakan pengurusan dan pengawasan program kemitraan dan bina lingkungan yang telah dijalankan selama Tahun Buku 2019.

Susunan kepengurusan Semen Indonesia hasil RUPST 2020:

Dewan Komisaris

Komisaris Utama: Rudiantara

Komisaris: Lydia Silvanna Djaman

Komisaris Independen: Nasaruddin Umar

Komisaris Independen: Mochamad Choliq

Komisaris: Astera Primanto Bhakti

Komisaris: Hendrika Nora O. Sinaga

Komisaris: Sony Subrata

Dewan Direksi

Direktur Utama: Hendi Prio Santoso

Direktur Produksi: Benny Wendry

Direktur Strategi Bisnis dan Pengembangan Usaha: Fadjar Judisiawan

Direktur Keuangan: Doddy Sulasmono D

Direktur Pemasaran dan Supply Chain: Adi Munandir

Direktur Engineering dan Project: Tri Abdisatrijo

Direktur SDM dan Hukum: Gina T Kemala Intan.

Sumber: republika
 
Top