JAKARTA - Kita tentunya telah pernah mendapatkan informasi bahwa virus corona atau COVID-19 terutama menyebar dari orang ke orang melalui tetesan pernapasan yang dihasilkan ketika berbicara, bersin atau batuk. Tetesan kecil itu juga bisa mencemari berbagai permukaan dan hidup hingga beberapa hari.

Tombol elevator, tangga, mesin ATM, dan tangan orang lain hanyalah beberapa hal yang harus sama-sama sangat kita perhatikan untuk menghindari tertular COVID-19.

Tetapi, menurut seorang dokter penyakit menular, jika kita ingin tetap bebas dari virus corona, ada satu hal yang harus dihindari untuk disentuh dengan cara apa pun, yakni bagian wajah.

"Seseorang bisa terinfeksi virus ini, setelah virus melakukan kontak dengan selaput lendir," kata Jaimie Meyer, MD, seorang spesialis penyakit menular Yale Medicine dan asisten profesor di Yale School of Medicine, seperti dilansir laman MSN, Rabu (10/6/2020).

Karena itu, wajah adalah tempat nomor satu yang tidak boleh disentuh selama pandemi ini karena ketika kita melakukannya, maka kita bisa mengantarkan virus COVID-19 langsung ke pintu depan tubuh kita.

Sayangnya, kebanyakan dari kita terus-menerus menyentuh wajah kita. Satu studi menemukan bahwa rata-rata orang melakukan kontak langsung dengan wajah 23 kali per jam.

Dari semua sentuhan wajah, para peneliti menemukan bahwa 44 persen melibatkan kontak dengan selaput lendir. Dari sentuhan membran mukosa yang diamati, 36 persen melibatkan mulut, 31 persen hidung, 27 persen mata, dan 6 persen merupakan kombinasi dari daerah-daerah ini.

Ingat, mengenakan sarung tangan bedah tidak membebaskan seseorang dari kemungkinan kontaminasi akibat menyentuh wajah.

CDC mengingatkan bahwa banyak kuman, bukan hanya coronavirus, bisa disebarkan melalui tangan. Selain menghindari menyentuh area wajah, sebaiknya kita selalu menerapkan praktik kebersihan tangan.

Meskipun mencuci tangan dengan sabun dan air adalah cara yang disarankan untuk menghilangkan kuman, jika sabun dan air tidak tersedia, menggunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol adalah pilihan terbaik berikutnya.

(msn/oel)
 
Top