JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengizinkan pembukaan mal di Jakarta pada masa transisi PSBB Jakarta pada Senin pekan depan.

Dalam konperensi pers online Kamis (4/6/2020) siang, Anies Baswedan mengatakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mulai membuka pasar, pusat perbelanjaan atau mal pada Senin, 15 Juni 2020.

Pembukaan mal dan pusat perbelanjaan ditetapkan setelah Gubernur DKI Anies Baswedan memutuskan memulai kebijakan fase pertama PSBB Jakarta masa transisi mulai Jumat, 5 Juni 2020.

"Masa transisi dimulai besok sampai selesai," kata Anies dalam konferensi pers itu.

Pemprov DKI bakal menerapkan protokol kesehatan khusus di pasar atau mal di Jakarta. Pasar maupun pusat perbelanjaan hanya diperbolehkan membuka 50 persen dari total kapasitas toko atau kiosnya.

Nantinya, pemerintah bakal memberikan nomor di setiap toko yang buka selama PSBB transisi ini. Sistem ganjil genap juga akan diterapkan untuk membatasi jumlah toko yang bisa beroperasi setiap hari.   

"Toko dibuka berdasarkan hari. Toko dengan nomor ganjil buka di tanggal ganjil. Toko dengan nomor genap dibuka di tanggal genap," ucapnya. "Jadi beroperasi separuh. Prinsip-prinsip disini yang akan kita gunakan di semua sektor".

Pemprov DKI juga akan menerapkan kebijakan Rem Darurat (Emergency Brake) dalam masa transisi ini terhadap kebijakan pembukaan pusat perbelanjaan dan mal di Jakarta. "Artinya, apabila terjadi tingkat penularan yang mengkhawatirkan, Pemprov DKI Jakarta dapat menghentikan seluruh kegiatan dan menerapkan kembali pengetatan," kata Anies Baswedan.

Sumber: tempo.co
 
Top